"Loading..."

24 LMDH dan Kepala Desa Berikrar Menjaga Hutan di Perhutani Banyuwangi

BANYUWANGI BARAT, PERHUTANI (06/01/2020) | Sebanyak 24 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) beserta Kepala Desanya (Kades) di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat melakukan ikrar untuk berkomitmen menjaga kelestarian hutan bertempat di halaman Kantor Perhutani Banyuwangi, Senin (06/01).

Administratur KPH Banyuwangi Barat, Cahyo Kawedar saat menemui perwakilan peserta tersebut mengatakan, bahwa ikrar tersebut berisi komitmen bersama untuk menjaga kelestarian hutan guna mendukung kelangsungan manfaat secara ekonomi, sosial dan lingkungan secara berimbang, ujarnya.

Selain itu Cahyo berpesan untuk mendukung implementasi Perhutanan Sosial skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) sesuai Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) yang sudah disepakati bersama.

Cahyo melanjutkan, bahwa sinergi antar lembaga ini untuk memperkuat pola kerjasama dengan mengintegrasikan penguatan LMDH dalam pembangunan wilayah desa, katanya.

“LMDH sebagai lembaga desa juga harus bisa beriringan dan transparan dengan pemerintah desa masing-masing, khususnya dalam semua kegiatan yang ada di dalam kawasan hutan”, tambah Cahyo.

Sementara itu Kades Temuguruh Asmuni mengaku, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan ikrar komitmen bersama. Dia optimis, langkah kebersamaan ini akan membawa dampak positif dalam pelestarian serta pemanfaatan hutan kedepan.

“Selama ini hubungan yang baik antara pemerintah desa, LMDH dan Perhutani KPH Banyuwangi Barat, pasti akan menjadi modal penting dalam mendorong kemajuan bersama,” ucap Asmuni. (Kom-PHT/Bwb/Snd)

Editor : Ywn

Copyright©2020