SUKABUMI, PERHUTANI (24/08/2021) | Dalam rangka upaya meningkatkan produksi getah pinus, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi melaksanakan sosialisasi penerapan alat sadap mekanis Mujitek kepada puluhan penyadap getah pinus di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gonggang Utara, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sagaranten, KPH Sukabumi, Selasa (24/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perhutani BKPH Sagaranten, Iman beserta jajaran, perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan penyadap.

Di tempat terpisah Administratur KPH Sukabumi, Asep Setiawan mengatakan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan sebagai pembekalan ilmu kepada para penyadap tentang  penggunaan teknologi terbaru untuk menyadap getah Pinus, sehingga diharapkan usai sosialisasi ini para penyadap bisa mempraktekannya di lapangan tanpa adanya hambatan.

“Adapun isi materi yang diberikan kepada para penyadap antara lain pengenalan jenis alat, cara menggunakan alat tersebut dan cara perawatannya.” katanya.

Asep berharap dengan mengunakan alat mekanis, para penyadap di lapangan bisa bekerja lebih efektif dan efisien dengan hasil produksi getah yang diperoleh lebih maksimal.

Sementara itu mewakili penyadap getah pinus, Suryana menyampaikan rasa terima kasih kepada Perhutani KPH Sukabumi yang telah berupaya memberikan kemudahan kepada para penyadap dengan memberikan bantuan alat sadap mekanis yang bisa mendapatkan hasil getah yang lebih banyak lagi.

“Kami berharap dengan adanya alat mekanis ini dapat membantu dan memudahkan dalam proses penyadapan dan hasil yang kami peroleh bisa lebih banyak sehingga pendapatan meningkat,” ujarnya. (Kom-PHT/Skb/HN).

Editor : Ywn

Copyright©2021