BALAPULANG, PERHUTANI (27/12/2023) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang melaksanakan kegiatan Patroli Preventif Gabungan antisipasi tingkat kerawanan hutan pencurian pohon pada libur cuti Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari BKPH Margasari sampai BKPH Linggapada, Minggu (24/12).

Kegiatan dipimpin oleh Wakil Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, Administratur KPH Balapulang dan Wakilnya, Polisi Perwira Pembina (Pabin), Komandan Regu (Danru) Polisi Mobile (Polmob), Kepala BKPH Banjarharjo Barat dan jajaran Kepala Resort Pemangkuan Hutan RPH, serta Polisi Teritorial dalam wilayah KPH Balapulang.

Patroli berjalan dengan menggunakan mobil patroli dan berjalan kaki menyusuri petak-petak rawan gangguan keamanan hutan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, Cucu Suparman mengatakan bahwa patroli jalan kaki ini sangat efektif untuk mengontrol lokasi petak-petak rawan yang menjadi prioritas.

“Tujuan patroli bersama ini sendiri agar kita yakin akan keamanan tegakan yang menjadi aset utama Perum Perhutani. Hal lain yang disampaikan adalah tentang tertib administrasi, seperti ASME, Siska, TLK, Integritas, dan lain-lain,” ungkapnya.

Administratur KPH Balapulang, Budi Haryadi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih bahwa KPH yang dipimpinnya mendapat kunjungan Waka Divre Jateng untuk melaksanakan patroli bersama dan memberikan arahan-arahan terkait tugas dan kewajiban jajarannya.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Wira Pada, Suyitno mengatakan bahwa LMDH siap mengamankan dan melestarikan hutan di sekitar Desa Kaligayam Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal serta ikut dalam kegiatan reboisasi bersama petugas Perum Perhutani KPH Balapulang. (Kom-PHT/Bpl/Pku)

Editor: Tri

Copyright © 2023