JAWAPOS.COM (15/10/2024) | Awalnya keberadaan wisata Kalipinus Poncosumo muncul dari inisiatif masyarakat Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Kini wisata yang menawarkan pesona sungai di tengah hutan pinus itu telah dilirik sebagai salah satu destinasi wajib untuk didatangi ketika berkunjung di Lumajang.

Terletak di kawasan hutan petak 6A pengembangan wisata Kalipinus Poncosumo terus dimaksimalkan. Tahap perjanjian kerjasama (PKS) antar masyarakat dengan pihak Perhutani juga sudah dikantongi. Sehingga, keberadaan wisata di kawasan hutan menjadi potensi pemasukan lain bagi negara.

Kepala Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Probolinggo – Lumajang Aki Leander Lumme menjelaskan, jika melihat potensi hutan di Lumajang yang sangat besar, tidak menutup kemungkinan akan ada wisata serupa seperti Kalipinus di lokasi lain.

“Ini potensinya di Lumajang sangat besar, memang saat ini yang fokus dikembangkan adalah Kalipinus, tapi tidak menutup kemungkinan di lokasi lain ada potensi lain yang belum tergarap,” ungkapnya.

Wisata Kalipinus terletak di dalam kawasan hutan petak 6A yang menjadi salah satu lokasi kawasan Perhutani dengan aturan tegas pelarangan illegal logging atau penebangan liar. Sehingga, keberadaan wisata diklaim tidak mengurangi sedikit pun fungsi vegetasi hutan.

“Keberadaan wisata tidak mengganggu tanaman yang ada, konsepnya memang apa yang ada di kawasan Kalipinus Poncosumo tidak ada yang dikurangi. Misalnya menebang dan sebagainya, karena kawasan hutan tidak boleh ada illega logging,” katanya.

Lewat aktivitas penyadapan getah pinus yang tidak dihilangkan, keberadaan wisata acapkali menjadi edukasi yang baik bagi pengunjung. Sehingga, memberi pemahaman bahwa keberadaan hutan tidak hanya dipandang dari pemanfaatan kayunya saja.

“Adanya aktivitas sadapan ini memang menjadi edukasi masyarakat bahwa hutan tidak hanya dipandang dari kayunya saja. Fungsi hutan tetap terjaga, tidak ada yang berubah, pohon-pohon pun tetap ada. Keberadaan wisata hanya memanfaatkan celah ruang di dalam hutan,” pungkasnya.

Sumber : jawapos.com