"Loading..."

Angkat Potensi Wisata, Warga Gelar Festival Jajan Rakyat

SUARAMERDEKA.COM, KAJEN (22/5) | Satu lagi potensi wisata alam di Kabupaten Pekalongan yang menyimpan keindahan serta pesona indah. Objek wisata alam ini sayang untuk dilewatkan bagi para pecinta wisata alam. Namun, ada yang unik dari cara memrosikan objek wisata alam Curug Kuwung Indah yang berlokasi di Dukuh Karanggondang, Desa/Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.
Para pemuda di desa tersebut yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) Desa Lebakbarang menggunakan media jajan tradisional asli desa tersebut untuk memperkenalkan potensi wisata di desanya kepada masyarakat luas. Lewat event Festival Jajan Rakyat, para pemuda di sana berikhtiar memperkenalkan Curug Kuwung Indah. Harapannya setelah wisata alam itu dikenal luas serta ramai dikunjungi dari masyarakat luar Lebakbarang bisa meningkatkan ekonomi warga di desa yang berada di kawasan pegunungan Kota Santri tersebut.
Ketua Pokdarwis Lebakbarang, Sulistiyono, Minggu (22/5) di sela-sela acara mengatakan, festival ini adalah untuk memperkenalkan potensi wisata serta memperkenalkan aneka makan di Lebakbarang.
Camat Lebakbarang, Yuhanto, menuturkan, adanya acara ini merupakan salah satu mimpi yang terwujud sejak pertama kali menduduki jabatan sebagai camat. “Setiap ba’da maghrib saya berpikir, kenapa selalu sepi. Adanya acara dan peresmian wisata alam Curug Kuwung Indah bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di sini. Saya bangga meski berada di pegunungan tapi ada acara festival jajan rakyat yang bisa memunculkan aktivitas warga serta menimbulkan dampak ekonomi,” terangnya, Minggu (22/5).
Lantaran lokasi wisata curug berada di kawasan Perhutani Pekalongan. Maka, dalam pengelola nanti melalui LMDH di desa tersebut. (Agus Setiawan/CN38/SM Network)
Tanggal  : 22 Mei 2016
Sumber  : suaramerdeka.com