"Loading..."

Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani Gelar Apel Siaga Dalkarhutla di Pasuruan

PASURUAN, PERHUTANI (30/07/2020) | Mengahadapi musim kemarau tahun 2020, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan menggelar apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) serta simulasi penanganan kebakaran bertempat di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Trawas, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Penanggungan, Rabu (29/7).

Apel siaga Dalkarhutla yang dipimpin oleh Wakil Administratur KPH Pasuruan Ririt Budi Sasyono tersebut diikuti oleh jajaran petugas Perhutani, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Trawas, Satpol PP Trawas, LMDH wilayah Trawas dan Relawan Peduli Api Trawas.

Mewakili Administratur KPH Pasuruan, Ririt Budi Sasyono menyampaikan bahwa menjelang musim kemarau perlu diwaspadai karena rentan kebakaran di kawasan hutan. “Kita harus betul-betul siap siaga menjaga dan mengamankan kawasan hutan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Menurut Ririt, pihaknya terus berkoordinasi dan bersinergi dengan semua pihak yang terkait dalam rangka mencegah dan menanggulangi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerjanya.

“Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan kami akan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar hutan agar tidak membakar seresah daun kering dan menghindari terjadinya penyebab kebakaran seperti membuang puntung rokok di dalam hutan,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama Suwarno selaku pengurus Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (PLMDH) wilayah Pasuruan selaku seksi kelembagaan bidang hukum yang hadir pada acara tersebut menyampaikan, bahwa dengan diadakan kegiatan apel siaga Dalkarhutla dan simulasi penanganan kebakaran ini sangat bagus untuk mempersiapkan petugas yang tanggap dan bisa berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk ikut serta dalam pengendalian Karhutla.

Usai apel siaga yang diikuti oleh sebanyak 104 petugas Polisi Hutan dan Polisi Teritorial tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api oleh satuan tugas pengendalian kebakaran (Satdalkar) Perhutani KPH Pasuruan. (Kom-PHT/Psu-Dd)

Editor : Ywn

Copyright©2020