"Loading..."

Apresiasi Kinerja, Ketua PWI Kabupaten Rembang Sambangi Perhutani Mantingan

MANTINGAN, PERHUTANI (14/10/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan menerima kunjungan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang Musyafa Musa. Pihaknya datang untuk menyampaikan langsung apresiasinya terhadap kinerja KPH Mantingan dan berharap kerjasama dalam hal pemberitaan dengan PWI Kabupaten Rembang terus berjalan baik bahkan meningkat, Rabu (14/10).

Dalam kunjungannya, Ketua PWI Musyafa Musa langsung diterima oleh Wakil Administratur KPH Mantingan Dwi Anggoro Kasih didampingi Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan Ismartoyo.

Administratur KPH Mantingan melalui Wakilnya Dwi Anggoro Kasih menyampaikan harapan agar insan Pers di kabupaten Rembang dapat memberikan informasi yang positif kepada masyarakat sesuai dengan kenyataan di lapangan yang sebenarnya. Ia pun menjelaskan KPH Mantingan saat ini meningkatkan kewaspadaan keamanan dalam kawasan hutan jelang Pilkada serentak akhir tahun 2020. Pengawalan utamanya dilakukan untuk tanaman tahun 1930-an, mengingat tanaman tersebut sudah semakin menurun jumlahnya.

“Jangan sampai ada penggiringan opini sehingga masyarakat menjadi hilang kendali terutama dalam bermedsos apalagi menjelang Pilkada serentak. Untuk keamanan hutan, kami sudah meningkatkan kewaspadaan utamanya bagi tanaman tahun 1930-an meski tinggal beberapa hektar saja di wilayah KPH Mantingan. Selain itu kami juga tetap memperhatikan tanaman lain yang sedang diminati yaitu Sonokeling yang harganya lebih mahal dari kayu jati. 1 meter kubik Sonokeling hampir setara 3 meter kubik kayu jati sehingga harus extra pengamanannya,” tandasnya.

Dwi Anggoro pun menambahkan bahwa saat ini KPH mantingan memiliki program pengembangan tanaman Gamal atau Gliriside untuk bahan bakar pengganti batubara yang ramah lingkungan yang saat ini sedang digarap. Tanaman yang mudah dalam pertumbuhannya dan dapat dipanen/ditebang 4-5 tahun ini sudah diuji coba di KPH Mantingan sebanyak 2.000 hektar.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Rembang Musyafa Musa mengapresiasi kinerja Perhutani selama tahun 2019 dengan dikirimnya laporan kinerja Perhutani dalam bentuk Public Summary.

“Itu sudah mencakup semua kinerja dari semua aspek di Perhutani KPH Mantingan yang membantu PWI dalam pelaporan kinerja Perhutani kepada masyarakat. Harapan kami bisa berlanjut dalam kerjasama pemberitaan dengan PWI Kabupaten Rembang. Hubungan kerjasama inilah yang kami harapkan di tahun mendatang dapat lebih ditingkatkan lagi, agar masyarakat lebih memahami upaya Perhutani dalam menjaga kelestarian hutan,” pungkasnya. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn

Copyright©2020