"Loading..."

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Desa Hutan, DPRD Jatim Kunjungi Perhutani di Jombang

JOMBANG, PERHUTANI (8/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang menerima kunjungan kerja Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur terkait pembentukan desa wisata di kawasan hutan, bertempat di Kantor Perhutani Jombang, Selasa (08/12).

Administratur KPH Jombang Rumhayati menyampaikan, bahwa dengan adanya kunjungan kerja Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut diharapkan usaha masyarakat desa sekitar hutan bisa berkembang dengan dibentuknya desa wisata. “Kami sangat mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang usaha desa tersebut, dan tentunya tetap mengacu pada kelestarian hutan,” katanya.

Joko Sunarto selaku Wakil Kepala Divisi Regional Bidang Kelola Sumber Daya Hutan Perhutani Jawa Timur yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa semua wisata alam yang di wilayah Perhutani sudah dikerjasamakan baik itu dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat, maupun dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) atau Kelompok Masyarakat Pemuda Produktif, Investor dan lainnya, “Tujuannya agar dapat mengangkat perekonomian masyarakat yang berada di sekitar hutan,” ujarnya.

Sementara itu Anik Maslachah selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur dalam keterangannya menyampaikan bahwa terkait pembentukan Desa Wisata, ia berharap tidak sekedar menjadi wacana, tetapi harus menjadi kenyataan dan dituangkan perjanjian kerjasama jika itu masuk wilayah kerja Perhutani. “Tujuannya supaya masyarakat sekitar hutan bisa segera bangkit perekomiannya,” katanya.

Anik Maslachah juga meminta kepada Perhutani jika ada masyarakat yang tergabung dalam LMDH untuk mengajukan kerjasama agar dipermudah dan dibantu proses kerjasamanya. (Kom-PHT/Jbg/GN)

Editor : Ywn

Copyright©2020