"Loading..."

Banjir di Kebumen, Perhutani Bantu 100 Paket Sembako dan 5.000 Karung untuk Tanggul

KEDU SELATAN, PERHUTANI (30/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan memberikan bantuan untuk korban bencana alam banjir di Kabupaten Kebumen berupa 100 paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula hingga masker serta 5.000 karung untuk pembuatan tanggul di lokasi rawan banjir, Kebumen, Kamis (28/10).

Menggunakan kendaraan dinas motor trail, Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) bersama jajaran Polhut dan Mandor masuk ke Desa Krakal Kecamatan Alian, Desa Peniron Kecamatan Pejagoan, Desa Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar dan Desa Sempor Kecamatan Sempor.

Kegiatan penyaluran bantuan ini dilaksanakan Perhutani KPH Kedu Selatan bersinergi dengan instansi terkait yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Kepolisian Resort (Polres) Kebumen dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VIII yang juga berkoordinasi dalam penanganan dan antisipasi bencana alam pada wilayah desa yang rawan banjir maupun longsor.

Administratur KPH Kedu Selatan melalui Wakil Administratur Anthonie Alfrits menyampaikan bahwa Perhutani disamping selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Pemda, BPBD, TNI, Polri dan CDK, juga telah menyiapkan tim antisipasi dan penanggulangan bencana alam untuk mendeteksi dini lokasi yang rawan, memasang plang-plang informasi rawan bencana pada lokasi di sekitar kawasan hutan yang aksesnya banyak bersinggungan dengan kepentingan umum, mengaktifkan Poskodal di KPH serta Poskolak di masing-masing BKPH yang tersebar di 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, kebumen, Purworejo, Banjarnegara, dan Wonosobo.

“Dalam kesempatan ini selain 100 paket sembako, kami juga mengirimkan 5.000 karung karena mendengar diperlukan sedikitnya 10.000 karung untuk membuat tanggul. Semoga bantuan dari Perhutani bermanfaat. Kami harap masyarakat tetap waspada, apalagi dengan cuaca yang cukup ekstrim seperti hujan dengan curah hujan tinggi tanpa henti.” Anthonie.

Plt. Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Provinsi Jawa Tengah, Safrudin yang sedang meninjau dan turut hadir saat koordinasi di Kantor BKPH Kebumen mengapresiasi perhatian Perhutani yang turut membantu menangani banjir dan longsor. Ia berharap Perhutani juga bisa turut intensif mensosialisasikan kerawanan bencana alam kepada masyarakat desa khususnya di sekitar kawasan hutan. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2020