"Loading..."

Bergaya ala Tarzan Baturraden

Objek wisata Baturraden Adventure Forest (BAF) berlokasi di Wana Wisata Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi itu tidak terlalu sulit ditempuh lewat jalan darat. Letaknya sekitar 25 Km dari Kota Purwokerto. Wana wisata yang berada di lereng selatan Gunung Slamet itu masih lekat benar dengan lingkungan yang alami.
Luas area BAF, yang pengelolaannya merupakan kerja sama antara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur dan PT Bangkit Maju Wisata tersebut, mencapai sekitar 50 hektare. Lokasi tersebut masih ditumbuhi pepohonan damar yang menjulang tinggi.
Di tengah kawasan setempat, mengalir Sungai Mertelu yang airnya berasal dari berbagai mata air di lereng gunung sehingga airnya begitu bersih, dingin dan alami. Pengelolaannya mengupayakan zero negative impact atau dampak negatif terhadap lingkungan, komunitas, dan ekonomi. Dengan upaya tersebut, BAF sama sekali tidak menebang pohon di lokasi setempat.
Bangunan yang ada di area itu terbuat dari anyaman kayu. Demikian juga dengan jembatan yang dibuat untuk melintasi sungai. Agar tidak licin, jalan setapak ditumpuki bebatuan yang berasal dari lokasi setempat.
Manajer Pemasaran BAF Theresia Willis mengatakan, dengan konsep wisata alam, pihaknya memberikan beberapa macam paket wisata alam menarik. “Bagi yang suka berpetualang di alam bebas, kami menawarkan beberapa paket wisata, misalnya tree trek, day adventure, canoeing, forest bungee trampoline, juga wisata pendidikan.
Setiap wisatawan yang datang bisa memilihnya sesuai dengan keinginannya,” jelas Willis kepada Media Indonesia, Minggu (29/6). Salah satu paket wisata unggulan yang ditawarkan adalah tree trek. Para wisatawan diajak menikmati keindahan hutan tropis dari atas ketinggian dengan menggunakan tali-tali di atas pohon.
Empat sirkuit Petualangan di atas ketinggian tersebut terdiri dari empat sirkuit, yakni sirkuit latih, pelus, kinyami, dan momprok. tree trek memanfaatkan pohon-pohon besar damar sebagai poros untuk mengikat tali.
“Wisatawan kami ajak untuk berjalan, melompat, dan bergelantungan di antara pepohonan besar. Penutupan trek ini adalah dengan ? ying fox yang melintasi hutan damar, menyeberangi lembah berbatu yang indah. Jika ingin menjadi ‘tarzan’, di sinilah tempatnya,” ujar Willis bergurau.
Bagi yang suka bergaya seperti seorang pemain sirkus atau pesenam, bisa mengikuti forest bunggee trampoline. Permainan ini merupakan petualangan loncat dan akrobat di udara. “Anak-anak muda biasanya suka dengan petualangan ini karena bisa naik turun dan berakrobat di udara.” Untuk yang takut ketinggian, tetap ada paket bagi mereka, yakni day adventure yang berisi kegiatan forest trek adventure. Wisatawan diajak berkeliling masuk ke hutan dan melintasi sungai serta menikmati pemandangan hutan lereng Gunung Slamet bagian selatan. Ada beberapa pilihan trek dan tingkat kesulitan medan.
Bagi yang ingin santai ada paket 45 menit. Ada juga paket selama 2 jam perjalanan. “Mereka kami ajak melintasi hutan yang masih alami, menyusur sungai atau sekadar menikmati air terjun alami,” ujar Willis. Bagi yang hobi fotogra?, forest trek adventure akan menghadirkan sejumlah objek unik yang dapat diabadikan, mulai ?ora, fauna, maupun lansekap. Apalagi kalau mulainya pada pagi hari, saat kabut pagi masih menyelimuti kawasan itu. (S-2)
Nama Media : MEDIA INDONESIA
Tanggal : Selasa, 31 Mei 2011/h. 30
Penulis : LILIEK DHARMAWAN
TONE : POSITIVE

Share: