"Loading..."

Bupati Soppeng Kembalikan Kejayaan Sutera Sebagai Khas Daerah

Bupati Soppeng Kembalikan Kejayaan Sutera Sebagai Khas Daerah
RAKYATKU.COM, SOPPENG | Kabupaten Soppeng di bawah pemerintahan Andi Kaswadi Razak akan kembali menganyam kejayaan sutera sebagai khas asli daerah. Ini dibuktikan melalui tekad dan komitmen Bupati Soppeng untuk mengembalikan kejayaan sutera yang terkenal di Soppeng.
Tekad tersebut dilakukan bupati yang belum lama dilantik ini lantaran, melihat konsistensi Perum Perhutani yang didukungan sejumlah pihak seperti, akademisi, pimpinan Forkopimda Kabupaten Soppeng, stake holder serta sejumlah tamu undangan lainnya yakni Sekda Sugirman Djaropi, Kapolres Soppeng AKBP Dodied Prasetyo Aji, Dandim 1423 Soppeng Letkol Inf. Jeffry Antonius Bojoh, Kajari Soppeng Atang Pujianto.
“Tekad dan komitmen ini beresiko, kalau kami gagal mengembalikan kejayaan ini maka tercatat dalam sejarah sebuah kegagalan besar dalam pemerintahan kami,”ucapnya dalam seminar nasional Pra kondisi Revitalisasi Persuteraan Alam, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Senin (23/05/2016).
Meski tak mudah, kata dia, pihaknya terus berusaha untuk memenuhi seluruh kebutuhan Perum Perhutani. Olehnya Pemkab Soppeng membutuhkan sinergitas masyarakat, khususnya petani sutera di kabupaten Soppeng.
“Petani diharapkan terus semangat. petani sutera jangan sampai terputus, generasinya juga perlu menjadi perhatian kita bersama,” tutur Kaswadi.
Sebelum mengerjakan program tersebut, Pemkab Soppeng terlebih dahulu mengkaji kebijakan itu melalui tim khusus. Sehingga pihak yang hadir dalam kegiatan tersebut diharapkan Sukardi, bisa bekerja sama dengan baik
“Kami juga butuh stakeholder untuk mendukung program ini” tambahnya.
Panitia Penyelenggara, Alim Beddu mengatakan bahwa seminar ini merupakan kegiatan  kegiatan nasional, peserta dan narasumber berasal dari instansi nasional.
“Tujuan seminar ini untuk memaparkan hasil kegiatan revitalisasi prakondisi persuteraan sulsel, mensinergikan visi-misi pemerintah Kab. Soppeng dalam membangun persuteraan alam khususnya di Kab. Soppeng sebagai hulu perseteraan alam di Sulawesi Selatan, dan merumuskan kebijakan-kebijakan yang nantinya akan mengembalikan kejayaan persuteraan alam,” jelasnya.
Kegiatan yang mengusung tema “Kembalikan Kejayaan Suteraku” ini diselenggarakan oleh Perum Perhutani bekerjasama dengan Pemkab Soppeng dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin, selain menghadirkan Bupati Soppeng menjadi pembicara, adapula Ir. Lukman Hakim dari Perum Perhutani, Anggota DPRD Syamsu Niang, dan Dr. Ir. Ikrar sebagai ketua tim revitalisasi persuteraan alam Sul-Sel.
Seminar tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Soppeng dengan Yayasan Insan Tamalanrea tentang Pendampingan Pengembangan Inovasi Daerah.(Humas Pemkab Soppeng).
Editor: Wiwi Amaluddin
Sumber: http://news.rakyatku.com/read/6073/2016/05/24/bupati-soppeng-kembalikan-kejayaan-sutera-sebagai-khas-daerah