"Loading..."

Bupati Tasikmalaya Kunjungi Masyarakat Desa Hutan di Bawah Kaki Gunung Cakrabuana

POTO web BUPATI TASIK TATAP MUKA DGN LMDH PAGERAGEUNG

TASIKMALAYA, PERHUTANI (16/05) | Bupati Tasikmalaya,  UU Ruzhanul Ullum Mengunjungi Lembaga Masyarakat Desa Hutan mitra binaan Perum  Perhutani Tasikmalaya yang ada di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pagerageung Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tasikmalaya di bawah kaki gunung Cakrabuana di halaman desa Nangewer, kecamatan  Pagerageung, Senin.

Pada kesempatan itu, UU berjanji akan berusaha memenuhi dan membantu keluhahan yang disampaikan oleh masyarakat terkait dengan pengelolaan hutan yang melibatkan masyarakat, baik  kegiatan tumpang sari dengan pola PHBM atau bidang pertanian lainnya. Hal ini tentunya dilandasi dengan kerjasama antara Perhutani, LMDH dan stakeholder lain.

“Saya akan instruksikan Dinas Pertanian untuk memberikan pengetahuan kepada para petani baik yang di dalam maupun di luar kawasan hutan, sehingga paham tata cara bertani yang baik, ini diharapkan akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa harus menguras tenaga berlebih, ” tutur Uu.

Administratur Perhutani Tasikmalaya,  Henry Gunawan menyampaikan bahwa Perhutani bersama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya serta Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan memiliki komitmen yang kuat untuk mempertahankan lahan pertanian yang produktif baik di dalam maupun diluar kawasan hutan.

“Dalam kawasan pengelolaannya dikemas melalui PHBM, agar masyarakat yang ada di sekitar hutan bisa merasakan manfaat dari keberadaan sumber daya hutan dari hasil tumpangsari dengan didasari pembuatan Perjanjian Kerjasama (PKS) Pengelolaan hutan. Contohnya penanaman kopi di bawah tegakan di Desa Wandasari Kec Bojonggambir, Wana Wisata Galunggung di Desa Linggajati Kec. Sukaratu, Pemanpaatan Air di Desa Karangjaya Kec. Karangjaya dan Desa Cidugaleun Kec Cigalontang, ” Tambahnya.  (Kom-PHT/tsk/Asep JB)

Editor: Dadang K Rizal

Copyright©2016