"Loading..."

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Perhutani Bersama Kodim 0822 Bondowoso Tanam Rumput Vetiver

BONDOWOSO, PERHUTANI (18/02/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0822 Bondowoso dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Ijen melakukan penanaman rumput Vetiver di petak 100 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Blawan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukosari pada Rabu (18/2).

Menurut Administratur Perhutani KPH Bondowoso, Agus Sarwedi menyampaikan bahwa kegiatan penanaman rumput vetiver tersebut merupakan kegiatan serentak yang dilakukan oleh TNI, yang diharapkan dapat tanaman rumput ini nantinya bisa mencegah terjadinya tanah longso dan kikisan tanah akibat derasnya air hujan.

“Selain penanaman rumput vetiver, kami juga sudah melaksanakan reboisasi di wilayah Ijen dan Blawan dengan 40 ribu bibit tanaman kayu-kayuan dan buah-buahan untuk mengembalikan fungsi dan manfaat hutan,” ujar Agus.

Menurutnya kejadian banjir  yang terjadi di Bondowoso dan daerah lainnya adalah peringatan bagi kita semua agar menyayangi alam dan lingkungan disekitarnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Inf Jadi mengatakan, “Sudah seharusnya kita peduli pada lingkungan dan hutan, karena dari sanalah kita mendapat keuntungan dan manfaatnya. Wajar kalau kita menjaga kelestariannya agar tidak terjadi bencana,” ungkapnya. (Kom-PHT/Bwo/Ern)

Editor : Ywn

Copyright©2020