"Loading..."

Cegah Gukamhut, Perhutani Giatkan Patroli Hutan di Daerah Purworejo

KEDU SELATAN, PERHUTANI (28/02/2021) | Dalam rangka menekan gangguan keamanan hutan (gukamhut) dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, jajaran Polisi Hutan (Polhut) serta Pabin Jagawana Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersama Kepala Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi melaksanakan apel gukamhut sekaligus patroli malam dan sosialisasi kemasyarakatan di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Loano, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Purworejo, Sabtu (27/02).

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin yang memimpin langsung patroli menegaskan pada jajarannya akan pentingnya menjaga kawasan hutan khususnya pada petak-petak yang rawan.

“Tidak hanya sekedar patroli, polisi hutan juga harus bisa mensosialisasikan pentingnya kelestarian hutan dan merangkul masyarakat desa turut serta menjaga hutan dengan penuh kesadaran sehingga secara tidak langsung pencuri enggan masuk dalam kawasan hutan yang telah dijaga warga desa bersama Perhutani. Harapannya, kita semua harus selalu siap siaga dan waspada atas kemungkinan terjadi bencana alam maupun gangguan keamanan,” begitu tegasnya.

Kepala Desa Nampurejo, Bowo S yang juga ikut serta dalam kegiatan ini menyampaikan dukungannya atas kegiatan patroli yang telah rutin dilakukan Perhutani dan akan selalu membantu keamanan kawasan hutan bersama-sama warga.

“Apalagi Desa Nampurejo berada tidak jauh dari pesisir pantai sehingga hutan disekitar Desa Nampurejo merupakan greenbelt yang berfungsi sebagai penahan gelombang pasang dan tsunami,” ujarnya. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2021