"Loading..."

Character Building Perhutani Bersama Polres Kebumen Antisipasi Gangguan Keamanan Hutan

KEDU SELATAN, PERHUTANI (12/3/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan adakan pelatihan character building bersama Polres Kebumen dalam rangka membangun individu yang disiplin dan berintegritas.

Kegiatan tersebut diikuti Polisi Hutan, Polisi Teritorial wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebumen, Karanganyar, Gombong Utara, Gombong Selatan dan anggota Polres Kebumen serta Pabin Jagawana  bertempat di Kantor Perhutani BKPH Karanganyar (11/3).

Wakil Administratur, Anthonie Alfriets mewakili Administratur KPH Kedu Selatan menyampaikan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi personil perlindungan hutan agar lebih siap, tanggap serta cakap dalam melakukan tindakan pencegahan dan penindakan terhadap gangguan keamanan hutan di KPH Kedu Selatan.

“Disamping kecakapan dan kesigapan personil, jajaran polisi hutan juga harus mampu mendeteksi secara dini dan memetakan  potensi illegal logging diwilayahnya,” ujar Anthonie.

Sedangkan Iptu Daryadi dari Satbinmas Polres Kebumen memberikan pengarahan terkait kerjasama dengan Perhutani dan masyarakat dalam penanganan gangguan keamanan baik didalam dan diluar kawasan hutan ditilik dari segi hukum.

“Banyaknya kesulitan dalam penanganan gangguan keamanan hutan karena berbagai motif dari aspek sosial dan ekonomi. Dalam penanganan gukamhut diperlukan menyusun langkah serta strategi penindakan maupun pengamanan bersama Perhutani dan masyarakat” paparnya lebih lanjut.

Disamping pembinaan karakter, kegiatan ini dilanjutkan dengan pelatihan penyegaran kesamaptaan bersama pihak Polres Kebumen di Lapangan Kecamatan Karanganyar (Kom-PHT/Kds/Ken).

Editor : Ywn

Copyright©2020