"Loading..."

Cilacap Genjot Ekowisata Alam Pegunungan

GATRA.COM (31/1/2010) | Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mendorong agar desa-desa di sisi utara mengembangkan potensi pariwisata pedesaan. Salah satu yang bisa dikembangkan adalah ekowisata. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto mengatakan wilayah sisi utara didominasi wilayah pegunungan. Potensi terbesarnya wisatanya adalah panorama atau wisata alam.

Salah satu yang sulit ditemukan di wilayah lain adalah curug atau air terjun. Keunggulan ini, kata dia, adalah aset yang sangat berharga. “Potensinya adalah panorama alam. Ini harus dimaksimalkan oleh desa,” katanya, 30/1.

Selain panorama alam, pertanian dan peternakan juga menjadi keunggulan pedesaan di Cilacap bagian barat. Perpaduan panorama alam, pertanian dan peternakan merupakan potensi yang bisa dikembangkan sebagai satu paket pariwisata edukatif. “Pengunjungnya bisa masyarakat umum, siswa, mahasiswa,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, salah satu yang berhasil mengembangkan wisata alam adalah Objek Wisata Kemit Forest, di Kecamatan Sidareja. Masyarakat dan Perhutani berhasil mengembangkan hutan pinus menjadi wisata alam yang sangat diminati.

Terlebih, Kemit Forest memiliki area publik yang cukup luas. Wahana permainannya pun semakin lengkap dengan masuknya investor swasta. Dia menilai kini Kemit Fores menjadi destinasi wisata yan paling diminati di Cilacap bagian barat.

Menurut dia, langkah pengelola Kemit Forest menyulap hutan pinus menjadi objek wisata juga bisa ditiru oleh wilayah lainnya. Namun, tentu dengan mempertimbangkan potensi desanya. “Di Deyuhluhur itu kan bisa menjadi satu kawasan wisata alam. Potensinya ada kopi. Itu bisa dikembangkan,” jelasnya.

Sumber : GATRA.COM

Tanggal : 31 Januari 2020