"Loading..."

Ciptakan Inovasi Di Rancaupas, Perhutani Resmikan Penginapan

BANDUNG, PERHUTANI (16/02/2021) | Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten bekerja sama dengan PT Bobobox Aset Manajemen (BAM) kini telah me-launching inovasi camping baru Bobocabin di kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey, Bandung, pada Senin (15/02). Kolaborasi ini juga sebagai upaya menggerakkan dan mendongkrak industri pariwisata guna memulihkan ekonomi akibat dampak pandemi covid 19.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) yang diwakili Deputi Industri dan Investasif, Fadjar Hutomo, Gubernur Jawa Barat yang diwakili Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat Andre Wijanto, Bupati Bandung H Dadang M Naseer, Direktur Utama PT Pos Property  Setijowati, Direktur Keuangan PT. ITDC Property Herdi Ranu Wibowo, Direktur Operasional PT Jaswita Provinsi Jawa Barat Agus Darmadi, Kepala Polisi Resort Kota (Polresta) Bandung Hendra Kurniawan, CEO dan co-founder  PT Bobobox Mitra Indonesia Indra Gunawan, Kepala Departemen Produksi Industri Ecotourism Agroforestry (PIEA) Dadan Wahyu Wardana, General Manajer (GM) KBM Ecotourism Agus Mashudi dan tamu undangan lainnya.

Mewakili Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten Dicky Yuana Rady, Dadan Wahyu Wardana menyatakan, Bobocabin ini salah satu bentuk inovasi Perhutani melalui KBM Ecotourism untuk mengembangkan potensi wisata camping di Rancaupas dengan memadukan teknologi Internet of Thing (IoT), keindahan alam dan desain modern, hasil  kerja sama dengan PT BAM. Dengan adanya inovasi ini pihaknya optimis bisa turut memulihkan ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada era new normal.

“Keberadaan Bobocabin ini juga didukung dengan telah diraihnya sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment (CHSE) untuk Rancaupas. Sehingga menjadi salah satu objek wisata yang rekomended dan aman di Jawa Barat,” ungkapnya.

General Manager KBM Ecotourism Perhutani Agus Mashudi menambahkan, selama masa pandemi covid-19, tren wisata masyarakat jadi berubah, masyarakat menjadi gemar berwisata ke alam terbuka, baik itu camping maupun aktivitas alam terbuka lainnya. Dengan adanya inovasi Bobocabin di Rancaupas ini diharapkan masyarakat tidak akan merasa jenuh.

“Melihat potensi dan kemungkinan adanya kejenuhan masyarakat terhadap tempat camping, KBM Ekowisata Perhutani melakukan inovasi dengan cara bekerjasama dengan bobobox untuk membangun sebuah destinasi wisata bermalam gaya baru yang berkonsep elevated cabin,” tuturnya.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Bobobox Indra Gunawan mengatakan Bobocabin adalah produk akomodasi terbaru dari Bobobox dengan konsep elevated cabin yang mengusung pengalaman baru berkemah dengan memadukan penggunaan teknologi IoT dan keindahan alam sekitar.

Indra menerangkan secara design, Bobocabin ini dirancang aman dengan memenuhi standar physical distancing, yaitu dengan menerapkan contactless experience dengan dukungan teknologi IoT untuk operasional kabin, salah satunya dengan memanfaatkan fitur QR code untuk membuka pintu.

“Setiap kabin dilengkapi juga dengan fasilitas yang modern dengan dukungan teknologi IoT untuk mengontrol fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti smart glass window, lampu, pintu dan Bluetooth Audio Speaker yang bisa dikendalikan langsung dari ponsel pengunjung,” jelasnya.

Keberadaan Bobocabin, lanjut Indra diharapkan dapat ikut serta dalam menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat sekitar dan juga memajukan industri pariwisata dengan mengedepankan keberlanjutan baik dari segi sosial, ekonomi maupun lingkungan. (Komp-PHT/DivreJanten/SRM)

Editor : Ywn
Copyright©2021