"Loading..."

Ciwidey sampai Gununghalu Siap Jadi Sentra Madu

AYOBANDUNG.COM (9/11/2020) | Ciwidey Kabupaten Bandung sampai Gununghalu diproyeksikan menjadi pusat budidaya lebah madu untuk mencukupi kebutuhan madu dan pariwisata.

ADM Perhutani Bandung Selatan Tedy Sumarto mengatakan, pandemi covid-19 berdampak positif terhadap penjualan madu, sehingga pihaknya berencana memperluas peternakan serangga penyengat tesebut.

“Potensinya luar biasa, kebutuhan madu meningkat untuk meningkatkan imun tubuh,” ujar Tedy, Senin (9/11/2020).

Dengan melihat potensi penjualan yang terus meningkat, Tedy berencana meningkatkan peternakan madu di areal hutan bandung selatan. Selama ini, pihaknya telah melakukan pelatihan kepada masyarakat di sekitar hutan Ciwidey dan Gununghalu.

“Rencananya di sepanjang Ciwidey sampai Gununghalu akan kami kembangkan peternakan madu sampai menjadi kawasan madu. Di sana banyak kaliandara yang bisa menjadi pakan, masyarakat juga sudah banyak yang dilatih, beberapa sudah mulai ternak,” ujarnya.

Peternakan madu akan menjadi solusi kepada masyarakat di sekitar hutan merambah pepohonan karena potensi pendapatan dari peternakan yang lumayan besar.

Jika sudah menjadi sebuah kawasan peternakan lebah madu berbasis masyarakat, bukan hal yang tidak mungkin akan berkembang menjadi wisata edukasi madu.

“Potensi wisatanya sangat tinggi. Jadi wisatawan selain bisa membeli madu, juga bisa melihat secara langsung bagaimana proses peternakan sebagai wisata edukasi,” tutupnya.

Sumber : ayobandung.comĀ 

Tanggal : 9 November 2020