"Loading..."

Curug Cikahuripan, Objek Wisata Terbaru Perhutani di Kawasan Galunggung

BANDUNG, PERHUTANI (22/06/2020) | Setelah membuka kembali wisata ternama Gunung Galunggung pasca pandemi covid-19, Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Barat dan Banten (Janten) launching wisata terbaru bernama Curug Cikahuripan, Sabtu (20/6).

Curug cantik dengan ketinggian sekitar 60 meter lebih ini masih dalam satu klaster kawasan wisata Galunggung.

Berjarak sekitar 1 kilometer dari Kawah Galunggung, keindahan Curug Cikahuripan ini nampak terasa mulai saat menyusuri perjalanan membelah hutan dengan iringan nyanyian burung. Nama Curug Cikahuripan sendiri diambil karena dipercaya oleh masyarakat sebagai air yang memberi kehidupan atau bahasa sundanya ‘kahuripan’.

General Manager KBM Ecotourism Perhutani Divre Jabar dan Banten Agus Mashudi mengatakan Curug Cikahuripan ini lokasinya ada di dalam wilayah pengembangan wisata Galunggung. Daya tarik dari air terjun setinggi 60 meter lebih ini adalah bentuk landscape-nya berundak-undak, sehingga nampak sangat eksotis.

“Harapannya, Curug Cikahuripan ini bisa menambah objek di kawasan Galunggung, selain kawah dan pemandian air panas. Jadi, kita manjakan pengunjung Galunggung  dengan banyak pilihan obyek-obyek yang menarik dan tentunya memberikan pengalaman baru,” jelasnya.

Agus menuturkan, kedepannya pengembangan wisata Galunggung akan dijadikan wisata air yang dilengkapi dengan kolam renang dan plaza pandang ke arah curug sebagai area bagi pengunjung menikmati curug sekaligus bird watching.

Cluster Manager Galunggung Yaya Sutia menambahkan Curug Cikahuripan merupakan salah satu inovasi pembukaan wahana baru setelah terlebih dahulu di explore curug Cikahuripan. Awalnya sering dikunjungi para peziarah dengan akses jalan kaki menyusuri sungai dan perlu waktu sekitar 1 jam perjalanan.

“Kini dibuatkan akses untuk kendaraan roda 4 sepanjang 500 meter dan jalan trap sepanjang 300 meter. Sehingga untuk sampai di curug Cikahuripan hanya perlu waktu 20 menit,” ungkapnya.

Yaya menyebutkan adapun aktifitas yang bisa dilakukan di sana antara lain foto hunting, prewedding, bermain air di sekitar jatuhan air terjun, camping, susur sungai, dan lainnya.

“Karena saat ini masih promo, maka untuk masuk ke area curug pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis,” tuturnya. (Kom-PHT/Divre/Ren)

Editor : Ywn

Copyright©2020