"Loading..."

Demplot Porang Perhutani Saradan Dikunjungi Dinas Pertanian Madiun

SARADAN, PERHUTANI (15/10/2020) | Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun kunjungi demplot tanaman porang di kawasan hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandan Asri Desa Klangon, Rabu (14/10).

Kedatangan Kepala Seksi (Kasi) Kacang dan Umbi Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun Pratiwi bersama Kasi Holtikultura Sri Winarti tersebut disambut oleh Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klangon Sunarto dan Ketua LMDH Pandan Asri Dikir bersama Ketua Pokja.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Saradan, Sunarto menyampaikan bahwa pembuatan demplot tanaman porang tersebut merupakan implementasi dari program Kementerian Pertanian yang disampaikan oleh Kepala Direktorat Aneka Kacang dan Direktorat Jenderal Ketahanan Pangan Amirudin Pohan pada rapat tentang ‘Workshop Pengembangan Komoditas Tanaman Porang’ di Hotel Aston Madiun pada bulan Januari lalu.

“Setelah itu Kami bersama LMDH  membuat demplot tanaman porang seluas 4 hektar yang berada di petak 124-d RPH Pajaran dan petak 94-i RPH Klangon,” ujarnya.

Sementara Pratiwi mengatakan, bahwa tujuan kunjungannya kali ini adalah untuk melihat perkembangan demplot tanaman porang  yang dibuat pada tanggal 25 Januari 2020 yang lalu oleh Perhutani bersama LMDH Pandan Asri dan LMDH Rimba Mas Sejahtera yang merupakan perintah dari Kementerian Pertanian.

Menurut Pratiwi, Dinas Pertanian Kabupaten Madiun sangat mendukung keberadaan petani porang yang tergabung dalam wadah LMDH. “Dengan adanya program tersebut semoga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terwujudnya kelestarian hutan,” tambahnya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2020