"Loading..."

Demplot Tanaman Porang Perhutani Saradan Dikunjungi Komisi B DPRD Jogjakarta

SARADAN, PERHUTANI (12/10/2020) | Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jogjakarta melakukan kunjungan kerja di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan dalam rangka meninjau secara langsung demplot bibit porang seluas 2 hektar di petak 124d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pajaran, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pajaran, Minggu (11/10).

Rombongan terdiri dari 13 orang anggota komisi B DPRD Jogjakarta yang dipimpin oleh Ketua Komisi B Danang Wahyu Broto tersebut disambut oleh Administratur KPH Saradan yang diwakili oleh Asisten Perhutani BKPH Pajaran Sudarmaji dan Ketua LMDH Rimba Mas Sejahtera Wisdianto.

Kunjungan tersebut untuk meninjau sekaligus mempelajari tentang teknik budidaya tanaman porang dari mulai pemilihan bibit, cara penanaman, pemeliharaan dan teknik pemanenan pada demplot yang dibuat oleh Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Mas Sejahtera tersebut.

Di tempat terpisah Administratur KPH Saradan, Bambang Cahyo Purnomo mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan demplot bibit porang seluas 2 hektar yang ditanam pada tanggal 25 Januari 2020. Menurutnya pembuatan demplot tanaman porang tersebut merupakan implementasi program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang disampaikan oleh Kepala Direktorat Aneka Kacang dan Umbi-umbian (Akabi).

“Hal itu disampaikan saat ‘Workshop Pengembangan Komoditas Tanaman Porang’ di Hotel Aston Madiun pada 21 Januari 2020 oleh Kepala Direktorat Aneka Kacang dan Umbi-umbian Kementerian Pertanian Indonesia,” kata Bambang Cahyo Purnomo.

Sementara di lokasi kunjungan, ketua rombongan DPRD Jogjakarta Komisi B, Danang Wahyu Broto mengatakan bahwa porang sangat layak dikembangkan untuk menambah pendapatan masyarakat. Menurutnya dengan sekali tanam porang maka kita akan bisa melakukan panen setiap tahun dan tidak memerlukan bibit lagi.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Mas Sejahtera, Wisdianto mengaku senang dan bangga atas kunjungan dan support dari DPRD Jogjakarta Komisi B pada lokasi demplot tanaman porang di BKPH Pajaran yang merupakan Hutan Pangkuan Desa (HPD) yang masuk wilayah LMDH Rimba Mas Sejahtera.

“Harapannya semoga kunjungan ini mampu memberikan semangat kepada LMDH untuk bisa meningkatkan produksi porang sebagai tanaman ikon di Kabupaten Madiun,” tutupnya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2020