"Loading..."

Dongkrak Perekonomian Masyarakat, Perhutani dan Bupati Kebumen Bangun Sinergitas

KEDU SELATAN, PERHUTANI (04/03/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menyambangi Bupati Kebumen guna membahas kerjasama dalam kawasan hutan wilayah Kabupaten Kebumen sebagai upaya mendongkrak perekonomian desa hutan. Pertemuan dilaksanakan di rumah dinas Bupati Kebumen, Rabu (03/03).

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kerja sama Perhutani bersama masyarakat Kebumen yang telah dilaksanakan diantaranya melalui Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) dengan tanaman kopi, cengkeh, jahe merah, dan kelapa. Ada juga pemanfaatan jasa lingkungan berupa wisata alam, pemberdayaan masyarakat desa hutan sebagai tenaga kerja kehutanan di bidang sadapan pinus, peningkatan kualitas jalan untuk akses desa hutan, pencegahan dan penanggulangan bencana alam dan gangguan keamanan hutan.

“Ini merupakan upaya Perhutani dalam rangka ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar desa hutan serta pendapatan hasil hutan bukan kayu lainnya,” ujarnya.

Bupati Kebumen, Arif Sugiiyanto menyatakan dukungan dan terima kasih atas pembahasan pelaksanaan kerja sama ini. Harapannya, dengan pelaksanaan kerja sama tersebut di atas, akan mendongkrak ekonomi Masyarakat Desa Hutan di wilayah Kabupaten Kebumen. Apalagi di masa pandemi covid-19 ini, sektor ekonomi masyarakat benar-benar terpuruk.

“Semoga sinergisitas antar stakeholder mampu membangkitkan lagi perekonomian dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan, tentu saja,” begitu jelasnya. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2021