"Loading..."

Dua Hektare Lahan Perhutani di Lereng Gunung Lawu Ditanami Kopi

INEWS.ID (01/03/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama relawan penggiat alam menanam Kopi Arabika di lereng Gunung Lawu. Penanaman dilaksanakan di petak 51, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Banjarsari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat. Lahan Perhutani BKPH Lawu Utara yang digunakan, luasnya sekitar dua hektar. Penananam dilakukan di sela-sela pohon dengan jarak tertentu.

“Tahun 2020 juga sudah ada kegiatan penanaman Kopi Arabika di sekitar Wisata Lawu Park dan lereng Gunung Lawu. Tanamannya juga Kopi Arabika sebanyak 2.000 pohon,” kata Asper Lawu Utara, Widodo melalui keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Pihaknya berharap ke depan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan Perhutani sebagai pengelola kawasan hutan. Sekaligus berperan aktif melestarikan hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar hutan. Ditegaskannya, penanaman kopi di kawasan hutan tetap berpedoman pada aturan yang berlaku.

Koordinator Sukarelawan Jalak Lawu, Arjuna Weda mengatakan, tanaman Kopi Arabika di lereng gunung Lawu sangat cocok. Sebab kopi menjadi salah satu jenis usaha perkebunan yang sedang digalakkan.

Sumber : inews.id

Tanggal : 1 Maret 2021