"Loading..."

Dukung Ketahanan Pangan, Perhutani Bersama LMDH Kembangkan Agroforestry Jagung di Gundih

GUNDIH, PERHUTANI (04/03/2021) | Bertempat di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dalen, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Gundih melakukan penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemanfaatan lahan untuk kegiatan Agroforestry budidaya tanaman jagung dengan Lembaga Masyarakat Hutan (LMDH) tahun 2020/2021 di wilayah Sub Kradenan KPH Gundih, Selasa (02/03).

Hadir dalam acara, Wakil Administratur Sub Kradenan Luckyarto, Perwira Pembina (Pabin) KPH Gundih Kompol Ismail, Kapolsek Gabus Iptu Narto, perwakilan 7 LMDH di wilayah Gundih, dan Perangkat Desa Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan.

Administratur KPH Gundih melalui Wakil Administratur Sub Keradenan, Luckyarto sebelum penyerahan PKS menyampaikan bahwa perjanjian ini harus disepakati bersama dan petani penggarap hutan harus mematuhi aturan-aturan yang telah disepakati.

“Ingat, ini bukan sewa lahan tapi ini hasil kesepakatan bersama dalam membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yaitu bentuk kepedulian kita sebagai petani hutan dalam membantu negara. Kita juga harus bisa menjelaskan kepada pihak luar jika ada yang bertanya tentang PKS ini, bahwa jelas kerja sama ini bukan sewa lahan,“ tegasnya.

Kapolsek Gabus, Iptu Narto berpesan kepada segenap pihak dalam perjanjian untuk menaati aturan dan ketentuan yang telah disepakati bersama dalam PKS. Pihaknya juga menyarankan Perhutani juga memberi data atau copy file PKS tersebut agar instansi terkait mengetahui dan bisa membantu menjelaskan bahwa ini bukan pungli yang merugikan salah satu pihak.

“Gejolak dalam masyarakat yang berpotensi timbul, nantinya dapat kita redam. Jika ada permasalahan sebaiknya dimusyawarahkan dari kelompok dan secepatnya dilaporkan kepada kami agar lebih cepat penanganannya,” jelasnya.

Ketua LMDH Wana Kancana, Sujiyo berterima kasih kepada Perhutani KPH Gundih karena masyarakat boleh ikut menggarap lahan pertanian di hutan melalui PKS.

“Untuk aturan-aturan yang ada di PKS ini akan kami pahami, kami berharap PKS ini bisa bermanfaat agar masyarakat sekitar hutan dapat lebih sejahtera,” ujar Sujiyo. (Kom-PHT/Gdh/Bdi)

Editor : Ywn
Copyright©2021