"Loading..."

Dukung Ketahanan Pangan, Perhutani Bersama PTPN X Sosialisasikan Agroforestry Tebu di Lamongan

MOJOKERTO, PERHUTANI (24/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto bersama PTPN X mengadakan sosialisasi agroforestry tanaman tebu yang dilaksanakan di Balai Desa Tenggerejo Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan, Kamis (22/10).

Kegiatan tersebut diadakan untuk mendukung pemerintah dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan khususnya swasembada gula. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kedungpring, perangkat Desa Tenggerejo, jajaran Perhutani KPH Mojokerto dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat.

Administratur KPH Mojokerto melalui Wakilnya, Tito Darmawan dalam pertemuan tersebut menjelaskan tata cara kerjasama Perjanjian Kerja Sama (PKS) berdasar P.81/KemenLHK/Setjen/Kum.1/10/2016 tentang Kerjasama Penggunaan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan untuk Peningkatan Ketahanan Pangan. Menurutnya, teknik pola tanam serta pertanggungjawaban keamanan tanaman tebu ditanggung bersama.

Sementara Minardi dari PTPN X mengatakan bahwa sosialisasi agroforestry tebu ini perlu dilakukan agar diterima masyarakat dimana program ketahanan pangan telah didukung oleh Forkopimcam Kedungpring dan Pemerintah Desa Tenggerejo.

Minardi menambahkan, bahwa untuk kegiatan pembersihan lapangan (land clearing) akan menggunakan alat mekanik dan memberdayakan masyarakat setempat yang pelaksanaannya direncanakan dalam waktu dekat ini. Usai sosialisasi  dilakukan dengan peninjauan ke lokasi rencana tanaman tebu. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

Editor : Ywn

Copyright©2020