"Loading..."

Dukung Ketahanan Pangan, Perhutani Bersama TNI-Polri Tanam Bibit Buah di Sragen

INEWS.ID (22/02/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama TNI dan Polri melakukan penanaman bersama di Desa Jenar, petak 52G, Resort RPH Banyuurip, BKPH Tangen, Kabupaten Sragen.

Penanaman dihadiri Kapolda Jateng Irjend Pol Ahmad Lutfhi dan Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Bakti Agus Fadjari, dan Kepala Divisi Regional (Kadivre) Jawa Tengah, Oman Suherman.

“Rencana luas yang akan ditanam 9,4 hektare dengan jarak tanam 6×6 meter. Sehingga per hektare dapat ditanami 228 pohon dengan tumpang sari tanaman jagung oleh masyarakat petani hutan,” kata Asper BKPH Tangen, Suprayogo dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/2/2021).

 Dalam pelaksanaannya, melibatkan masyarakat penggarap hutan atau petani dengan sistem bagi hasil. Sementara, tujuan diadakan penanaman adalah dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, yaitu reboisasi hutan dengan tanaman buah. Sehingga mendukung ketahanan pangan di saat pandemi Covid-19, khususnya di Kabupaten Sragen. Sebab kesejahteraan masyarakat, salah satunya dipengaruhi ketersediaan pangan.

Jenis tanaman atau bibit buah yang ditanam adalah alpukat miki dan hass serta kelengkeng. Lokasi penanam berikutnya adalah petak 47 di RPH Jenar seluas 10,2 haktare.

Kapolda Jawa Tengah Irjend Pol Ahmad Lutfhi mengatakan, pihaknya bersama Kodam IV Diponegoro dan dan Perhutani akan menggelorakan program ini di seluruh wilayah. Sehingga wilayah Perhutani yang mempunyai potensi, bisa kembangkan agar bermanfaat untuk masyarakat luas.

Sumber : inews.id

Tanggal : 22 Februari 2021