"Loading..."

Dukung Pengembangan UMKM, Perhutani Kembali Gulirkan Puluhan Juta Dana PKBL

KEDU SELATAN, PERHUTANI (14/12/2020) | Akhir tahun 2020 ini, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan kembali menyerahkan bantuan dana tahap II dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)  sebesar Rp 75.000.000,- bertempat di Kantor Perhutani, Purworejo, Senin (14/12).

Program PKBL merupakan bagian dari tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) Perhutani terhadap masyarakat khususnya Masyarakat Desa Hutan (MDH) sebagai mitra kerja dalam pengelolaan sumber daya hutan agar lebih mandiri.

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto disaksikan oleh jajaran manajemen, secara simbolis menyerahkan dana pinjaman Program PKBL Perhutani kepada tiga mitra binaan yaitu Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lestari Alam asal Kabupaten Wonosobo untuk pengembangan usaha ternak kambing dan dua mitra binaan dari sektor usaha kerajinan batik dari Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya, Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto menyampaikan pesan agar bantuan program kemitraan ini benar-benar dapat dimanfaatkan sesuai usaha yang dikembangkan mengingat kondisi saat ini dalam masa pandemi.

“Para mitra cukup diuntungkan dengan adanya program ini, karena disamping bunganya yang rendah tidak menggunakan agunan. Meski demikian, dana ini merupakan dana bergulir, kami berharap usaha yang dikembangkan semakin maju, angsuran berjalan lancar, sehingga dana dapat disalurkan kembali untuk mitra lainnya,” ujarnya.

Salah satu mitra binaan yang memiliki industri kerajinan batik, Abdul Ghofar menyampaikan banyak terima kasih kepada Perhutani.

“Di masa pandemi ini, suntikan dana untuk pengembangan usaha amat sangat kami butuhkan agar dapat berjalan lebih baik,” jelasnya.

Tahun 2020 Perhutani KPH Kedu Selatan telah menggulirkan dana PKBL sebesar Rp 125 juta untuk 6 mitra binaan yang telah disurvey kelayakan. Program PKBL di KPH Kedu Selatan telah berjalan sejak tahun 1992 sampai sekarang dengan jumlah mitra binaan sebanyak 376 orang dari berbagai sektor usaha antara lain jasa, industri kecil, perdagangan dan peternakan. Alokasi dana PKBL yang telah digelontorkan Perhutani KPH Kedu Selatan telah mencapai lebih dari Rp 2,5 milyar dan tersebar di 5 wilayah administratif yakni Kabupaten Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara dan Wonosobo. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn

Copyright©2020