MOJOKERTO, PERHUTANI (14/03/2022) | Dalam rangka menjaga debit air di seputaran Kawasan Perlindungan Setempat (KPS), Perhutani Mojokerto bersama stakeholder menggelar penanaman dipetak 12i Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bagian Kesatuan Hutan (BKPH) Kambangan, yang secara administratif masuk Kabupaten Lamongan, Minggu (13/03).

Jumlah bibit  yang ditanam sebanyak 1.000 plances dengan jenis bibit tanaman buah-buahan diantaranya, alpukat 200 plances, durian 200 plances, tanaman keras diantaranya mahoni 300 plances dan jati 300 plances.

Penanaman tersebut diikuti oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lamongan lainnya, Administratur Perhutani Mojokerto Prasetyo Lukito dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Kabupaten Lamongan.

Administratur Perhutani Mojokerto Prasetyo Lukito dilokasi penanaman menyampaikan, bahwa acara penanaman  ini merupakan agenda bersama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Lamongan sudah sejak lama dan baru terealisasi hari ini, ujarnya.

Menurut Prasetyo, kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga debit air yang pada KPS agar tidak mengalami kekeringan pada sumber tersebut saat musim kemarau. “Semoga penanaman ini bisa membawa manfaat untuk masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sementara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, bahwa ini adalah langkah konkrit Pemkab dan jajaran Forkopimda Kabupaten Lamongan,  untuk mewujudkan kelestarian hutan dan menjaga debit air yang ada dikawasan hutan sehingga bisa dinikmati sampai generasi selanjutnya, terangnya.

Ditempat yang sama Kiki Widiyanto selaku Ketua LMDH Rimba Jaya menyampaikan, ia bersama seluruh anggotanya merasa senang bisa turut serta dalam kegiatan tersebut.

“Kami berharap kegiatan ini bisa terus digencarkan untuk menciptakan kelestarian hutan dan menjaga debit air pada kawasan perlindungan, pungkasnya. (Kom-PHT/Mjk/Dwi)

 

Editor : Uan

Copyright©2022