"Loading..."

Enam Lutung dan Satu Owa Jawa Dipulangkan dari Inggris

Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan Perum Perhutani dan The Aspinall Foundation memulangkan satwa yang dilindungi asal Indonesia. Sebelumnya satwa-satwa itu telah dikembangbiakkan di dua kebun binatang di Inggris.

Satwa-satwa itu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (3/2). Hewan langka itu adalah enam lutung dan satu owa Jawa yang akan dipulangkan ke habitat asalnya di Indonesia.Pemulangan lutung dan owa Jawa ini dilakukan untuk meningkatkan populasi dan mencegah dari kepunahan. Kondisi lutung dan owa Jawa di Indonesia tergolong rentan punah dari perburuan serta perdagangan yang semakin marak.

Sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya, hewan-hewan jenis primata endemik Pulau Jawa akan direhabilitasi terlebih dahulu agar dapat kembali beradaptasi dengan perilaku alaminya.

Kegiatan repatriasi satwa ini sebagai bentuk kerjasama internasional guna melindungi satwa-satwa liar di dunia yang terancam punah. Rencananya beberapa hewan jenis yang sama akan dipulangkan dari Inggris. (Afw)

Metrotvnews ::: 05 Februari 2013 06:46

Share: