"Loading..."

Gajah Ikut Penghijauan

Banjir di beberapa wilayah di tanah air mendorong Taman Safari Indonesia (TSI) II melakukan penghijauan. Kemarin (7/2) TSI II Prigen, Pasuruan, yang bekerja sama dengan Gunma Safari Park Jepang melakukan gerakan penghijauan. Acara itu juga didukung Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan, serta Polres Pasuruan.
Takahashi Kunihiko, direktur Gunma Safari Park Jepang, datang bersama 17 warga Jepang lain. Selain membantu penghijauan, warga Jepang memberikan sumbangan 600 ribu yen kepada KPH Pasuruan untuk membeli bibit buat penghijauan. Ada juga bantuan 115 ribu yen kepada SDN Jatiarjo 1 dan MI Miftahul Khoir untuk pembelian alat-alat sekolah.
Kegiatan penghijauan tersebut dilakukan secara simbolis di area Afrika, TSI II. Seekor gajah betina yang bernama Diana hadir dalam acara itu. Diana memberikan bibit tanaman trembesi kepada Takahashi Kunihiko. Sementara itu, bibit yang ditanam adalah pohon mahoni, trembesi, dan pohon wuni. Secara simbolis, ada 50 bibit yang ditanam bersama 40 siswa SD.
Menurut Frans Manansang, direktur TSI, kerja sama dengan Gunma Safari Park Jepang berlangsung sejak 2000. Tidak hanya kerja sama penghijauan dan konservasi, pihaknya memberikan kontribusi pada Gunma Safari Park dengan meminjamkan satwa hasil penangkaran ke Jepang. ”Dengan penghijauan, kita bisa bikin lingkungan lebih teduh, menyerap panas, dan mengundang burung untuk datang,” tuturnya.
Sumber  : Jawa Pos
Tanggal  : 8 Pebruari 2015