"Loading..."

Gerakan Masyarakat Sadar Penghijauan di Nunuk Baru Majalengka

MAJALENGKA, PERHUTANI (10/01/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka bersama Masyarakat Desa Nunuk Baru melakukan gerakan sadar penghijauan di hutan Nunuk petak 14 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cihaur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka pada Rabu (09/01).

Gerakan ini dilakukan atas kesadaran masyarakat Desa Nunuk Baru untuk melestarikan lahan hutan, dengan menanam jenis kayu-kayuan diantaranya jenis Acasia mangium, Jati dan jenis buah-buahan yaitu Mangga, Petai, Alpukat, Sirsak dan Jambu sebanyak ± 10.000 pohon.

Plt Administratur KPH Majalengka Asep Setiawan melalui Komandan Regu Polisi Hutan Mobil Yadi Tatang Heryadi mengatakan bahwa menghijaukan hutan  merupakan kewajiban kita semua, agar hutan lestari dan jauh dari bencana alam. Diharapkan tanaman yang sudah ditanam dapat dipelihara keberadaannya sehingga fungsi ekologis hutan dapat terjaga.

Turut hadir diantaranya perwakilan dari Dinas Pariwisata, Komandan Rayon Militer (Danramil) Maja, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Majalengka, Lembaga swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Pencinta Pariwisata Indonesia (Genpi) Majalengka, Asosiasi Pariwisata (Asspi) Majalengka dan Muspika Kecamatan Maja kabupaten Majalengka.

Kepala Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Nono Sutrisno menyampaikan apresiasi kepada Perhutani Majalengka yang telah memfasilitasi kegiatan Gerakan Sadar Penghijauan, yaitu sumbangan berupa bibit buah-buahan dan kayu-kayuan untuk ditanam di lokasi hutan masyarakat Desa Nunuk Baru yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Nono menambahkan bahwa kedepannya Desa Nunuk akan dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata di lokasi hutan, selain untuk memberdayakan masyarakat dan untuk mengurangi tingkat pengangguran diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap hutan dan lingkungan alam sehingga hutan terjaga dan lestari. Diharapkan Perhutani dan Pemerintah Daerah selalu dapat memberi bimbingan, petunjuk dan bantuan demi suksesnya tanaman di Desa Nunuk Baru (Kom-PHT/Mjl/Aw).

 
Editor : Ywn
Copyright©2018