"Loading..."

Goa Langkob Mutiara Yang Terpendam di Perhutani Ciamis

CIAMIS, PERHUTANI (14/03/2019) | Goa Langkob yang berada di petak 53c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Parigi Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cijulang, merupakan salah satu potensi wisata yang sangat menarik dan unik di kawasan hutan Cijulang, masuk wilayah administratif Desa Bangun Karya Kecamatan Langkap Lancar Kabupaten Pangandaran.

Perhutani Ciamis tak henti-hentinya menggali potensi sumber daya hutan melalui sektor wisata, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat  sekitar hutan, dengan cara melakukan peninjauan langsung ke lapangan, Kamis (14/03).

Administratur KPH Ciamis Agus Mashudi mengatakan ada potensi wisata yang sangat menarik dan unik di kawasan hutan Cijulang, sangat baik untuk di kembangkan menjadi objek wisata penulusuran goa (caving), serta adanya situs budaya untuk ziarah.

“Lokasi  ini merupakan objek yang belum tersentuh penanganan atau bisa dikatakan original,untuk lebih memudahkan dalam pemasaran dan supaya mudah dikenal masyarakat maka kami beri nama  ‘Goa Langkob’, karena keberadaan goa ini masih belum dikenal masyarakat luas”, kata Agus.

Goa Langkob bisa dijadikan salah satu alternatif tujuan wisata minat khusus bagi yang menyukai petualangan  karena dapat memacu adrenalin. “Bagi yang sudah berkunjung ke goa Langkob  akan menemukan ketenangan jiwa dan merasakan kesejukan karena alam sekitar goa Langkob sangat menawan dengan hijaunya kawasan hutan”, tambahnya.

Agus juga menyampaikan Perhutani tak henti-hentinya menggali potensi wisata di kawasan hutan dan ikut mendorong supaya masyarakat sekitar hutan bisa sejahtera sehingga hutan pun ikut lestari, “Saya berharap LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dapat berperan aktif untuk menangkap peluang ini”, pungkasnya.

Ketua LMDH Cipta Wana Lestari Rusdiana mengatakan “kami menyambut dengan sangat antusias terhadap pengembangan obyek wisata goa Langkob dan kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini serta mendukung semua program yang dikembangkan Perhutani”,  pungkasnya. (Kom-PHT/Cms/Bun)

 
Editor : Ywn
Copyright©2019