"Loading..."

Hadapi Musim Kemarau, Perhutani Gelar Apel Dalkarhutla di Jatirogo

JATIROGO, PERHUTANI (28/7/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo menggelar apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) yang diikuti oleh sebanyak 65 orang dari jajaran petugas keamanan Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang dipusatkan di petak 16b wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Demit, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sekaran, Selasa (28/7).

Selain itu kegiatan apel Dalkarhutla tersebut juga diikuti oleh Forkopimcam (Forum Koordiansi Pimpinan Kecamatan) Jatirogo, Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Tuban dan petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tuban dan tokoh masyarakat Desa Demit Kecamatan Jatirogo, Tuban.

Administratur KPH Jatirogo Panca PM Sihite selaku pembina apel menyampaikan, bahwa tujuan digelarnya apel tersebut untuk menyiapkan petugasnya dalam menghadapi musim kemarau yang rentan akan bencana kebakaran hutan. Menurutnya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan pihaknya telah bekerja sama dengan Forkopimcam Jatirogo dan stakeholder lainnya di wilayah kerjanya.

“Apel Siaga Dalkarhutla ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kewaspadaan semua pihak terhadap gangguan keamanan hutan khususnya kebakaran hutan dan lahan menjelang musim kemarau.¬† Menyikapi momen tersebut, kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan Covid-19 seperti rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak,” katanya.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Jatirogo AKP Elis selaku perwakilan Forkopimcam Jatirogo menyampaikan, bahwa apel tersebut sebagai antisipasi dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jatirogo, “Hal ini ditandai dengan semakin berkurangnya curah hujan,” ujarnya.

“Masalah kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, namun harus dilakukan secara bersama-sama yang melibatkan semua pihak baik Perhutani maupun masyarakat,” imbuh Elis.

Usai apel Administratur KPH Jatirogo Panca PM Sihite beserta Forkopimcam memberikan Alat Dalkarhutla kepada LMDH dan petugas Polhut yang ada di lapangan dan dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran bersama dengan jajaran petugas pemadam kebakaran hutan Kabupaten Tuban. (Kom-PHT/Jtr/Gun)

Editor : Ywn

Copyright©2020