"Loading..."

Hadiahi Bibit, Cara Unik Perhutani Apresiasi Pengendara Sepeda Motor Taat Prokes

KEDU SELATAN, PERHUTANI (07/03/2021) | Sebuah cara unik dilakukan oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan agar masyarakat selalu taat protokol kesehatan sekaligus peduli terhadap lingkungan. Bersama Polres Kebumen, Kodim 0709, Pemda Kebumen, Tim Satgas Covid-19 Kebumen serta Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Tengah, Perhutani membagikan bibit tanaman buah-buahan kepada masyarakat di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Jumat (05/03).

Kegiatan bagi-bagi bibit tanaman buah ini dilakukan di dekat Kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebumen bersamaan operasi Yustisi Polres Kebumen. Para pengendara motor bermasker yang beruntung mendapat bibit tanaman buah secara gratis, sedangkan yang ditemukan tidak memakai masker diberikan sanksi sosial.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin menyampaikan bahwa acara pembagian bibit tanaman bersamaan dengan operasi disiplin berkendara di jalan merupakan suatu bentuk dukungan Perhutani kepada Pemerintah untuk selalu mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan guna menekan penyebaran virus corona.

“ini merupakan salah satu cara Perhutani mengajak masyarakat luas untuk selalu mencintai dan menjaga lingkungan. Ayo giatkan gerakan menanam pohon di sekitar rumah, tidak hanya untuk penghijauan namun juga mengurangi polusi udara. Sekitar 250 bibit buah-buahan kita bagikan, antara lain bibit durian dan rambutan,” ujar Komarudin.

Kabag Ops Polres Kebumen, Kompol Mangarif menjelaskan Operasi Yustisi kali ini berfungsi ganda yakni mendisiplinkan warga pada protokol kesehatan, juga tetap mengingatkan warga untuk terus berupaya menjaga kelestarian alam.

“Jangan sampai kendor,” celetuknya.

Selaras dengan Perhutani, hal yang sama disampaikan pula oleh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Tengah, Lilis Dwi Kartika Wati.

“Kegiatan ini sekaligus juga mensosialisasikan arahan Gubernur Jawa Tengah agar warga masyarakat menanam pohon sebanyak-banyaknya. Gerakan menanam pohon sangat penting, meski tidak secara singkat kita rasakan, namun berguna bagi anak cucu kita kelak, udara bersih dan bebas dari penyakit,” pungkas Lilis (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021