"Loading..."

Hari Bakti Rimbawan Ke-38, Perhutani Bersama Stakeholder Lakukan Penanaman Di Ciamis

CIAMIS, PERHUTANI (19/03/2021) | Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-38, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VII dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bidang 3 Ciamis melaksanakan penanaman bibit buah-buahan sebanyak 1.000 plances jenis Alpukat, Manggis, Picung dan Gmelina, bertempat di hutan rakyat lokasi program Gubernur Jawa Barat dalam Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di lahan kritis yang berbatasan dengan kawasan hutan petak 18 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Madati, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciamis, wilayah administratif blok Kancahnangkub Dusun Rinduwangi, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis pada Kamis (18/03).

Acara dihadiri oleh Administratur KPH Ciamis Sukidi beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian, Budi Selamet Wibowo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dadang, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VII Ciamis, Ucu Saepudin, Kepala Bidang 3 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciamis Andi, Rektor Universitas Galuh (Unigal) Yat Rospia Brata, Forkopimcam Sukamantri, Kepala Desa Mekarwangi, Komunitas Pohon Aktivis Lingkungan Gunung Sawal, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), KPI, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan perwakilan masyarakat blok Kancahnangkub.

Dalam sambutannya, Sukidi menyampaikan bahwa pelaksanaan Hari Bakti Rimbawan yang ke-38 adalah kerja bersama Perum Perhutani, CDK Wilayah VII dan Bidang 3 BKSDA. Ia juga menambahkan bahwa Perhutani terbuka serta siap bersinergi dengan masyarakat dan stakeholder lainnya untuk memanfaatkan kawasan hutan produksi yang dikelola Perum Perhutani, serta mengajak lembaga terkait untuk bekerja sama dalam melaksanakan pembinaan LMDH.

“Kami siap membantu baik teknis penanaman, permodalan dan pemasarannya sehingga LMDH dapat meningkatkan kesejahteraannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Yat Rospia Brata yang merupakan Ketua Raksa Giri Sawala menyambut baik kegiatan penanaman ini, karena untuk melestarikan Gunung Sawal sebagai penyimpanan air dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor : Ywn
Copyright©2021