"Loading..."

Hari Bhakti Rimbawan, Perhutani Bersama Anggota DPR RI Menanam Bersama di Gunung Lawu

SURAKARTA, PERHUTANI (15/03/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Komisi IV mengadakan penanaman bersama bibit jenis kayu manis, Sengon, Jambu, Mangga dan Cengkeh dalam kegiatan Hari Bhakti Rimbawan Ke-38 di petak 16 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tambak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kabupaten Karanganyar, Minggu (14/03).

Acara dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IV Luluk Nur Hamidah, jajaran BKPH Lawu Utara, Perwakilan Danramil Ngargoyoso, Penyuluh Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Kabupaten Karanganyar, perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Relawan.

Tujuan diadakan penanaman pohon bersama yaitu dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan Ke-38 dengan tema “Terus Berbakti Ditengah Pandemi Untuk Lingkungan dan Hutan Lestari”. Kegiatan ini juga digelar dalam rangka mengajak lebih banyak masyarakat untuk menjaga, merawat dan melestarikan alam dengan menanam pohon dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Surakarta, Kepala BKPH Lawu Utara, Widodo menyampaikan bahwa penanaman pohon juga bertujuan untuk upaya pencegahan bencana seperti longsor dan banjir, serta juga dapat mengikat air dalam tanah yang dapat menghasilkan oksigen.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat luas sehingga ikut tertarik dan berpartisipasi melestarikan lingkungan dengan menanam pohon. Mari kita jaga hutan Gunung Lawu karena merupakan salah satu destinasi wisata di wilayah Kabupaten Karanganyar,” ajaknya.

Anggota DPR RI Komisi IV, Luluk Nur Hamidah menjelaskan bahwa jajaran DPR RI mendukung upaya-upaya pelestarian hutan.

“Kita harus menjaga serta melindungi hutan bersama-sama. Kita juga sudah mensupport ke Kementerian LHK untuk mengalokasikan anggaran ke daerah berbasiskan lingkungan hidup,” pungkasnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021