"Loading..."

Hari Bumi, Pelajar Kediri Tanam Ribuan Pohon

BERITAJATIM.COM (22/4/2017) | Bertepatan dengan Hari Bumi, ribuan pelajar dan mahasiswa se-Kota Kediri mengadakan penghijauan dengan menanam 2.000 bibit pohon di kawasan Hutan Klotok, Kelurahan Pojok, Kota Kediri.

Acara tanam pohon ini diprakarsai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri dan Perhutani Kediri. “Kami melibatkan sejumlah komunitas, kalangan pelajar, dan mahasiswa,” ujar Reza Darmawan, selaku Ketua DPD KNPI Kota Kediri di lokasi, Sabtu (22/4/2017) pagi.

Selain penghijauan, kata Reza, dalam kegiatan ini juga bentuk kampanye menjaga hutan sebagai sumber penghasil oksigen dan sumber air. KNPI mengajak seluruh kaum muda, utamanya pelajar untuk menjaga hutan.

Ditanya apakah hutan di kawasan Kota Kediri sudah dalam kondisi kritis sehingga harus dihijauan? Menurut Reza, yang juga Anggota DPRD Kota Kediri, pernyataan kritis kurang tepat. Menurutnya, untuk penghijauan hutan, tidak harus menunggu kritis lebih dahulu.

Terpisah, Nani, salah satu pelajar yang ikut dalam penghijauan mengaku, senang menjadi peserta penghijauan. Baginya, menjaga kelestarian ekosistem dengan menjaga hutan adalah tanggung jawab bersama, termasuk tanggung jawab dari kalangan pelajar.

Dalam acara penghijauan ini juga dihadiri oleh Kepala Perhutani Kediri Maman Rusmantika dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Didik Catur. Dalam sambutannya, Didik mengajak seluruh peserta untuk ikut menjaga hutan dengan berbagai cara, diantaranya tidak menembak burung, tidak melakukan pembalakan liar, namun justru menanami hutan yang gundul dengan bibit tanaman.

Untuk diketahui, dalam penghijauan ini ada sebanyak 2000 bibit tanaman yang ditanam. Diantaranya jenis tanaman hutan dan juga tanaman buah seperti klengkeng. [nng/suf]

Sumber: beritajatim.com

Tanggal: 22 April 2017