"Loading..."

Hari Peduli Sampah Nasional, Perhutani Ciamis Bersama Stakeholder Tanam Pohon dan Bersihkan Kawasan Hutan

CIAMIS, PERHUTANI (22/02/2021) | Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) jajaran Karyawan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bersama stakeholder melakukan Aksi Bersih Sampah di kawasan hutan dan kegiatan Penanaman Pohon, bertempat di petak 1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Langkaplancar, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cijulang pada Sabtu (20/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perhutani (Asper) BKPH Cijulang, Dadi Santosa beserta jajaran, Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIKP) BKPH Cijulang, Lina Herlina beserta anggota, Kepala Desa Jayasari beserta jajarannya, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sarijadi, serta Ibu-ibu PKK Desa Jayasari.

Administratur KPH Ciamis, Sukidi melalui Dadi Santosa mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sinergi antara Perhutani dengan semua stakeholder terutama Pemerintahan Desa Jayasari, kegiatan ini bukan kali pertama, namun sudah berlangsung kurang lebih satu bulan dan telah menanam kurang lebih 1.100 plances pohon jenis Picung dan Durian lokal.

“Pemilihan tanaman ini untuk pengkayaan, dari  formasi tegakan hutan yang sudah ada dan dapat berfungsi sebagai resapan air, serta kelak buahnya bisa membantu ekonomi masyarakat sekitar hutan,” ujarnya.

Perwakilan IIKP Perhutani BKPH Cijulang, Lina Herlina mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan menanam pohon dan membersihkan hutan terutama dari sampah plastik, berarti telah peduli dengan kelestarian alam dan menjaga alam tetap bersih.

“Jika kita menyayangi alam, maka alam juga akan menyayangi kita. Dengan menanam pohon dan kegiatan bersih di kawasan hutan ini, maka akan memberikan beribu manfaat, selain untuk mencegah bencana alam juga sebagai bentuk kepedulian untuk generasi yang akan datang,” pungkasnya. (Kom-PHT/Cms/Bun).

Editor : Ywn
Copyright©2021