"Loading..."

Hatta dan Zulkifli Panen Padi di Purwakarta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Minggu (25/3/2012), panen padi di lahan hutan milik Perum Perhutani di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Padi ditanam oleh masyarakat sekitar hutan di Blok 99C di Resor Cijangkar, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Cipeundeuy, Purwakarta. Kegiatan itu merupakan sebagian dari program pengelolaan hutan bersama masyarakat, khususnya terkait Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K).

Sebanyak 17,6 hektar hutan jati di kawasan itu yang ditumpangsarikan dengan padi gogo varietas inpago. Terdapat ratusan petani yang menggarap lokasi itu dan kini telah memasuki masa panen. “Ini merupakan salah satu upaya kita meningkatkan produksi padi hingga 10 juta ton pada 2014 nanti,” kata Hatta.

Pemerintah menargetkan sekitar 100.000 hektar hutan yang dikelola secara tumpang sari dengan tanaman pangan. Selain padi, komoditas lain yang ditanam antara lain jagung, kedelai, dan kacang-kacangan. Komoditas musiman itu ditanam di sela-sela pohon keras hutan seperti jati dan sengon.

Mukhamad Kurniawan | Nasru Alam Aziz
Kompas.com ::: Minggu, 25 Maret 2012 | 12:51 WIB

Share: