"Loading..."

Healing Forest di Bukit Pentulu Indah Kebumen Jadi Alternatif Redakan Stress

KEDU SELATAN, PERHUTANI (27/10/2020) | Wisata Bukit Pentulu Indah yang dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan yang menyimpan keindahan alam dan menjadi salah satu destinasi favorit di Kebumen. Hamparan pohon pinus yang rimbun diselimuti awan pagi hari patut dicoba sebagai terapi hutan atau healing forest yang bermanfaat untuk relaksasi fisik dan mental.

Administratur Kedu Selatan melalui Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebumen, Ari Kurniawan menyampaikan bahwa KPH Kedu Selatan memiliki 58 obyek wisata hutan alam yang tersebar di 5 Kabupaten yaitu Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, dan Banyumas. Sementara di Kabupaten Kebumen sendiri terdapat 28 obyek wisata hutan alam antara lain Bukit Pentulu Indah, Pesona Kayangan, Brujul Adventure, Pantai Pedalen, Pantai Logending, Curug Sawangan dan masih banyak lagi.

Dosen sekolah tinggi dan teknologi hayati Institut Teknologi Bandung (ITB) dan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), Hikmat Ramdan, menyatakan bahwa beraktifitas di hutan, pantai, alam terbuka, selama kurang lebih 20 menit dapat menjadi terapi untuk menurunkan tingkat stress seseorang dari aktivitas kesehariannya.

Salah satu anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Rama mengatakan selain menikmati indahnya pemandangan di Bukit Pentulu dan healing forest, ia bersama rekan-rekannya bisa menikmati makanan khas Pentulu yaitu Tumpeng Bucu (nasi tumpeng dengan lauk ayam goreng utuh dan serundeng).

“Jika rombongan pengunjung berjumlah 50 orang atau lebih bisa menikmati pentas kesenian tradisional Menoreng dan Kuda Lumping dengan cara memesan terlebih dulu,” ujarnya. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2020