"Loading..."

Hijaukan Bukit Sipako, Perhutani Bersama Polres Kebumen dan TNI Gelar Aksi Tanam Pohon

KEDU SELATAN, PERHUTANI (13/03/2021) | Sebagai upaya lebih hijaukan bukit Sipako Kebumen, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersinergi dengan Polres Kebumen dan TNI melaksanakan kegiatan penanaman bersama. Kegiatan yang dilaksanakan di Petak 161 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Peniron tersebut juga diikuti oleh masyarakat desa hutan Desa Wonotirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen, Kamis (11/03).

Administratur KPH Kedu Selatan melalui Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebumen, Ari Kurniawan menjelaskan lokasi penanaman kali ini merupakan lokasi wisata yang wacananya berkonsep agrowisata seluas 14 Ha. Lokasi ini nantinya diharapkan mempunyai nilai jual tidak hanya dilihat dari sisi wisata alamnya tapi juga dapat dimanfaatkan hasilnya bersama-sama dari penanaman berbagai macam jenis tanaman buah seperti alpukat, durian dan klengkeng baik oleh masyarakat juga para wisatawan yang datang.

Ari juga menambahkan bahwa selain dapat diambil nilai ekonomisnya, aksi tanam pohon buah-buahan ini tujuan utamanya adalah program penghijauan untuk kelestarian alam.

“Dengan terjaganya kelestarian hutan, diharapkan dapat meminimalisir potensi bencana alam seperti tanah longsor maupun banjir. Oleh karena itu keberhasilannya juga tidak lepas dari dukungan seluruh pihak terkait, termasuk masyarakat sekitar,” imbuh Ari.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama yang mengikuti kegiatan penanaman bersama, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap sinergitas seperti ini tetap terjalin untuk juga mengantisipasi dan menekan gangguan keamanan hutan dan lahan terutama bahaya banjir dan longsor. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021