"Loading..."

Hijaukan Bumi Perkemahan Karangsari Park, Perhutani Sumbang 1.000 Bibit Mahoni

MANTINGAN, PERHUTANI (03/02/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan kembali menyalurkan 1.000 bibit mahoni untuk ditanam di Bumi Perkemahan (Buper) Karangsari Park Rembang, Rabu (03/02).

Administratur KPH Mantingan, Widodo Budi Santoso melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Perhutanan Sosial, Sumarto yang berada di lokasi Buper menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Rembang adalah pihak yang mengajukan permohonan bantuan bibit untuk ditanam di Buper Karangsari Park. Lebih lanjut Sumarto menjelaskan persemaian Perhutani menyediakan bibit tanaman keras antara lain Jati, Mahoni, Trembesi, Gemelina, Gamal, Kepoh dan Kesambi.

“Untuk persemaian, Perhutani KPH Mantingan mempunyai 4 area yaitu di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), yaitu BKPH Kebon di desa Mantingan, BKPH Ngiri di desa Tlogo, BKPH Demaan di desa Demaan, dan BKPH Medang di desa Sendangharjo,” jelasnya.

Ketua Kwarcab Rembang yang juga Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Perhutani KPH Mantingan yang selama ini melalui Pramuka Saka Wanabakti selalu bekerja sama dalam semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwarcab Rembang.

“Di musim hujan yang cukup tinggi ini, adik-adik Dewan Kerja Cabang (DKC) akan menghijaukan lagi Buper agar makin rimbun dan sejuk dari bantuan bibit yang diterima dari persemaian milik Perhutani,” terang dia.

Bayu juga menjelaskan bahwa Buper seluas 16 hektar tersebut telah ditanami dengan beberapa jenis tanaman buah-buahan seperti mangga, kedondong, jeruk, dan jambu. Dan untuk tanaman Mahoni rencananya akan ditanam di sepanjang jalan masuk sebagai turus jalan agar terlihat indah dan sejuk begitu memasuki area Buper Karangsari Park.

Bumi Perkemahan Karangsari Park adalah ikon Kwarcab Rembang. Melalui Pramuka Satuan Karya (Saka) yang ada di instansi di Kabupaten Rembang diharapkan dapat mendukung terwujudnya bumi perkemahan yang sejuk, indah, dan asri yang kedepan dapat menjadi area pembelajaran/ edukasi para generasi muda di sekitar wilayah Rembang pada pengenalan agroforestry. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2021