"Loading..."

Hijaukan Gunung Wilis, Perhutani Lawu Dan LMDH Tabur Benih Tanaman

LAWU DS, PERHUTANI (19/12/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kare Makmur, Kepolisian Sektor (Polsek) Kare serta masyarakat sekitar mengadakan gerakan menabur biji tanaman di lereng Gunung Wilis untuk menghijaukan wilayah tersebut pada Kamis (20/12).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lereng Gunung Wilis petak 45, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kare, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH ) Wilis Utara dengan jenis benih tanaman yang ditaburkan antara lain salam, duren dan dawung.

Administratur KPH Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Wilis Utara, Puguh Yudianto mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan salah satu metode tradisional bertujuan untuk menghijaukan kembali wilayah Lereng Gunung Wilis.

“Harapan kedepan, selain bermanfaat dari sisi ekologi, adanya penambahan tanaman dimaksudkan bisa mengamankan daerah resapan air dan mengantisipasi terjadinya tanah longsor,” ungkap Puguh.

Sementara itu Ketua LMDH Kare Makmur, Sudarman mengatakan jika pihaknya akan terus mendukung upaya Perhutani untuk menghijaukan kawasan hutan. “Kami akan mengawal tumbuh kembang benih yang ditabur dan bibit yang ditanam di lereng Gunung Wilis”, katanya. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2019