"Loading..."

Hijaukan Pegunungan Kendeng, Perhutani Bersama Bupati Pati Lakukan Penanaman Pohon

PATI, PERHUTANI (06/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan penghijauan Pegunungan Kendeng dengan tanaman keras hingga buah-buahan bertempat di obyek wisata Bukit Padang Kayen, petak 24 TM-1, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jember, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukolilo pada Kamis (05/11).

Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin dan jajaran Forkompimda secara simbolis ikut melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya melestarikan hutan guna menjaga fungsi Sumber Daya Hutan (SDH) dan ekosistem lingkungan.

Administratur KPH Pati, Edrian Sunardi mengatakan bahwa reboisasi ini adalah langkah untuk menghijaukan kembali Pegunungan Kendeng, lantaran kondisi hutan yang masih gundul merupakan tanah pengganti dari PT PLN, yang diterima bukan dalam bentuk hutan tetapi dalam bentuk lahan kosong sehingga kita berupaya untuk menghijaukannya.

“Pelestarian hutan merupakan budaya perhutani, sebagai nilai dan falsafah yang telah disepakati dan diyakini seluruh insan terutama Perhutani dan menjadi landasan serta acuan bagi Perhutani untuk mencapai tujuannya sebagai life supporting system,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan dalam penanaman ini terus mengalir mulai dari anak-anak sekolah, Pramuka, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kepolisian Resor (Polres) Pati, jajaran instansi Kabupaten Pati hingga komunitas Peduli Hutan dan Lingkungan Pati.

“Pagar utama kelestarian hutan adalah masyarakat sendiri, bukan Perhutani ataupun yang lain, dalam artian apabila semua warga sudah kompak peduli menjaga hutan, maka kelestarian hutan akan tercipta karena kelestarian hutan adalah tanggung jawab kita bersama,” tegas Edrian.

Dalam sambutannya Bupati Pati, Haryanto mengatakan bahwa Selama ini sudah banyak program menanam pohon di wilayah Pegunungan Kendeng yang dilakukan Pemerintah, hal itu dilakukan supaya pegunungan kembali berfungsi  sebagai resapan air saat musim hujan tiba.

“Hal ini diharapkan agar tercipta hutan lindung supaya saat musim penghujan tidak terjadi banjir selain itu juga penanaman pohon di wilayah Kendeng ini sangat bermanfaat bagi warga,”ujarnya.

Haryanto juga berharap agar semua warga menanam pohon, baik jati maupun pohon buah yang merupakan tanaman keras. Hal ini sebagai upaya bersama untuk mengelola hutan dengan benar sehingga berdampak positif bagi masyarakat setempat. (Kom-PHT/Pti/Sgt)

Editor : Ywn

Copyright©2020