"Loading..."

Hutan Pinus Kalilo, Destinasi Wisata Alam Di Perbukitan Menoreh Purworejo

KEDU SELATAN, PERHUTANI  (10/1/2020)  |  Hutan Pinus  Kalilo terletak diperbukitan Menoreh, dengan ketinggian kurang lebih 800 m dpl.  Destinasi  wisata alam  ini  berjarak 14 Km dari pusat kota Purworejo, dari arah Yogyakarta bisa melewati jalur Godean ke arah Kulon Progo.

Hutan Pinus Kalilo  masuk wilayah  kerja Perhutani Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Katerban, Bagian Kesatuan  Pemangkuan Hutan (BKPH)  Purworejo Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Selatan secara administratif masuk Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Obyek wisata ini memiliki keindahan alam yang ‘instagramable’ dengan pemandangan hamparan  hutan pinus di pegunungan.  Beberapa selfie deck tersedia untuk berfoto antara lain spot Titanic, spot puncak Kalilo, spot Jembatan Layang, dan situs Batu tumpang. Lokasi wisata ini juga menyediakan camping ground untuk  berkemah dan outbound.

Prasarana pendukung cukup lengkap seperti mushola, toilet, warung, serta  tempat parkir dan meskipun berada dalam kawasan hutan, pengelola wisata Hutan Kalilo juga menyediakan spot Wifi Center untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Obyek wisata Kalilo dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rukun Lestari bersama Karang Taruna Makarti Mukti Tama. Pengelolaan Kalilo menggunakan konsep pendekatan alami sehingga menghindari  bangunan permanen.

“Dengan konsep  pengelolaan seperti ini  kehidupan flora, fauna dan ekosistemnya tidak terganggu serta tidak mengubah bentang alam” begitu ungkap Asisten Perhutani  BKPH Purworejo Daang Yuli Wardiyanto mewakili administratur. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn

Copyright©2020