"Loading..."

IIKP Industri Hasil Hutan dan Siswa SMP Diponegoro Cimanggu Ikut Aksi World Cleanup Day

SEMARANG, PERHUTANI (19/09/2020) | Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIKP) Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Hasil Hutan Jawa Tengah (KBM IHH Jateng) menggandeng siswa SMP Diponegoro Cimanggu dalam rangka World Cleanup Day 2020 dengan aksi bersih-bersih di lingkungan sekitar Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT), Sabtu (19/09).

World Cleanup Day (WCD) adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi dengan mengajak para relawan berkontribusi dalam kegiatan bersih-bersih dan pilah sampah.

Sebanyak 6 relawan siswa SMP Diponegoro Cimanggu dan 18 relawan dari IIKP KBM IHH berhasil menggandeng 70 anggota keluarga melaksanakan kegiatan bersih-bersih serta memilah sampah-sampah yang terkumpul di lingkungan sekitar kantor dan pabrik.

Ketua IIKP KBM IHH Korwil I Jateng, Annisa Primaningtyas menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 13 sd 19 September 2020 tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi KBM IHH dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan melalui pemilahan sampah.

“Kegiatan WCD 2020 ini tidak hanya bermanfaat dari aspek lingkungan yang sehat karena kebersihan yang terjaga, namun juga bisa bermanfaat dari aspek ekonomi melalui daur-ulang sampah. Caranya antara lain dengan membuat kerajinan tangan atau disetor ke bank sampah untuk mendapat penghasilan tambahan. Harapan kami, semoga kegiatan WCD 2020 ini tidak hanya menjadi euforia sesaat tetapi juga menjadi kesadaran dan kebiasaan baru yang dapat diterapkan oleh keluarga besar IIK-Perhutani, khususnya cabang KBM IHH Jawa Tengah,” ujarnya.

Salah satu relawan, Elsa Puji Haryati mengatakan, “Keterlibatan para siswa SMP ini sungguh menjadi tambahan semangat bagi para relawan. Semoga kegiatan baik ini menjadi suri tauladan yang akan dilanjutkan para generasi muda,” pungkasnya. (Kom-PHT/DivreJateng/Cia)

Editor : Ywn
Copyright©2020