"Loading..."

‘Indian Forest Service’ Kunjungi Pengelolaan Hutan Lestari Perhutani di Banyuwangi

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI  (01/02/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara menerima kunjungan sebanyak 30 orang Pejabat Kementerian Kehutanan India yang tergabung dalam Indian Forest Service (IFS) yang diPimpin Prof. Lisa dari Bio Academy Finlandia yang disambut di Aula  KPH Banyuwangi Utara pada Sabtu (1/2).

Kedatangan rombongan IFS tersebut dalam rangka study banding pengelolaan hutan lestari di wilayah pengelolaan hutan di Indonesia yang salah satunya wilayah kerja Perhutani KPH Banyuwangi Utara.

Administratur Perhutani Banyuwangi Utara, Agus Santosa memberikan ucapan selamat datang dan menyampaikan bahwa Perhutani KPH Banyuwangi Utara merupakan salah satu pengelola hutan yang sudah menerapkan pengelolaan hutan lestari (PHL). Ia juga menunjukkan predikat sebagai pengelola hutan  lestari berupa sertifikat PHL.

Pada kesempatan itu Agus juga menyampaikan sekilas Perhutani Banyuwangi Utara, menurutnya dalam pengelolaan hutan di wilayahnya KPH Banyuwangi Utara memiliki luas baku seluas 50 ribu hektar yang  berada di dua Kabupaten yakni, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sitobondo.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab, yang selanjutnya peserta diajak ke lapangan yakni di lokasi Petak 69 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Karetan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karetan untuk melihat secara langsung mengenai tata kelola Sumber daya Hutan di KPH Banyuwagi Utara.

Pada kesempatan itu Lisa dari Bio Academy Finlandia menyampikan banyak terimakasih kepada pihak Perhutani yang telah menerima dan menyambut kedatangannya. “Kami akan membuat tesis tentang kelola sumberdaya hutan yang ada di Indonesia untuk melengkapi persyaratan kenaikan jabatan,” katanya. (Kom-PHT/Bwu/Jy)

Editor : Ywn

Copyright©2020