"Loading..."

Jelang Pilkada dan Tahun Baru Perhutani bersama LMDH Geber Patroli Preventif

MANTINGAN, PERHUTANI (03/11/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama dengan Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) melakukan patroli preventif untuk mengamankan kawasan hutan khususnya menjelang gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Patroli diawali dengan apel pasukan di Pos Sriwing yang melibatkan Polisi Mobil (Polmob), Polisi Teritorial (Polter), Polisi Hutan (Polhut), dan Polisi Sabhara Senin (02/10).

Perhutani senantiasa mengedepankan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada masyarakat sehingga pesan-pesan dari pimpinan Perhutani bisa diterima dan tersampaikan dengan baik. Contohnya pengetahuan terhadap tanaman Gamal yang saat ini sedang diupayakan Perhutani dapat dipanen dalam 4 sampai dengan 6 tahun. Peran Perhutani adalah menjelaskan kepada masyarakat bahwa kawasan hutan perlu dilindungi dan dilestarikan agar sumber mata air terus terjaga, masyarakat dapat tetap mencari pakan ternak, terbukanya kesempatan kerja, dan Perhutani dapat mensupply kebutuhan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang menjadi program pemerintah.

Kegiatan patroli dipimpin langsung oleh Wakil Administratur KPH Mantingan, Dwi Anggoro Kasih. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pesan Administratur KPH Mantingan bahwa musim hujan, pergantian tahun, dan pesta demokrasi sudah di depan mata. Oleh karena itu seluruh jajaran Perhutani diharap meningkatkan kewaspadaan dan terus bersinergi dengan LMDH.

“Kami sangat respek dengan Paguyuban LMDH yang secara spontan memberikan ide dan masukan dalam pengamanan kawasan hutan. LMDH sebagai mitra Perhutani juga perlu bersinergi sehingga bisa memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah serta memberi pendampingan dan pembinaan untuk anggota masyarakat.” ujar Dwi.

Ketua Paguyuban LMDH, Sparlan menghimbau untuk semua anggota LMDH bisa berpartisipasi aktif dalam melaksanakan kegiatan patroli preventif bersama Perhutani dan Polisi yang diperbantukan di Perhutani.

“Kami sangat mengapresiasi Perhutani KPH Mantingan yang memperhatikan betul gerak langkah dari LMDH sebagai mitra. Kami diberikan kemudahan dalam kegiatan bersama. Yang penting LMDH jangan ada yang ikut terlibat ilegal logging baik secara langsung maupun tidak langsung. Bila terbukti ada yang terlibat akan tetap diproses secara hukum,” tegasnya. (Kom-PHT/Mtg/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2020