"Loading..."

Kepala Perhutani Jabar & Banten Tebar Benih Ikan di Hulu Citarum

situ-cisanti-300x224

Dok.Kom-PHT/Div Janten @2014

BANDUNG, PERHUTANI (19/12) – Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten,  Ellan Barlian tebar benih ikan di Situ Cisanti Hulu sungai Citarum dalam acara Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon yang berlangsung  di Hulu Sungai Citarum (Situ Cisanti), Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Kamis (18/12).

Secara administrasi kehutanan, Situ Cisanti terletak di Resort Pemangkuan Hutan (RPH)  Wayang Windu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pangalengan, Perhutani  Bandung Selatan. Kamis.

Acara dihadiri oleh segenap beberapa Kepala Biro, Administratur, 9 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan Muspika setempat. Dalam sambutannya, Administratur KPH Bandung Selatan Bambang TM menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi acara ini adalah pentingnya keberhasilan reboisasi di kawasan hutan Bandung Selatan. “Dari luas tanaman tahun 2014 seluas 1.600 hektar, di KPH Bandung Selatan, seluas 362 hektar merupakan hulu sungai Citarum, yang kebetulan berada di lokasi Situ Cisanti ini, “ujarnya menjelaskan.

Rangkaian kegiatan acara ini selain Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, juga ada gerakan operasi semut alias pemungutan sampah di sekitar Situ Cisanti, Deklarasi Suskes Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Asri) yang ditandatangani oleh 9 LMDH, Kadivre dan jajarannya serta Muspika setempat.

Dalam sambutannya, Kadivre menyampaikan bahwa sungai Citarum yang dikenal sebagai salah satu sungai terkotor di dunia, hulunya berada di kawasan hutan, oleh karenanya tidak ada alasan untuk tidak menjaga kebersihan dan keberhasilan reboisasi di hulu sungai Citarum. “Citarum Bestari merupakan kegiatan yang dikomandani oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat dan dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Cisanti menjadi ikon Jawa Barat. Sepanjang 0 – 20 Km hulunya ada di kawasan hutan, dan 0 km-nya berada di sini, di Cisanti. Meskipun program Pemprov reboisasi Citarum sampai dengan tahun 2018, kita harus terus dan terus menjaga kelestariannya, ” pungkasnya.

Kadivre juga mengapresiasi perencanaan partisipatif yang dilakukan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat serta mendukung penuh deklarasi Sukses Citarum Bestari dengan 9 LMDH di sekitar hulu sungai Citarum (Cisanti).  (Kom-PHT/Divreg Janten/Ade)

Editor  :  Dadang K rizal

@copyright 2014