"Loading..."

Ketua Dewas Perhutani Tinjau Tanaman Mangga Gedong Gincu Perhutani Majalengka

IMG_4540

MAJALENGKA, PERHUTANI  (14/12) |  Ketua Dewan Pengawas Perhutani yang juga sebagai Direktur Jenderal Kehutanan Sosial & Kemitraan Lingkungan Hidup ,Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hadi Daryanto  didampingi Kepala Divisi Regional Perhutani  Jawa Barat dan Banten, Ellan Barlian  dan Ketua Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)  Jawa Barat,  Lee Roy Mattita  melakukan kunjungan kerja ke lokasi tanaman Mangga Gedong Gincu petak 2a dan 2b LMDH Rimba Raya Lestari Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pancurendang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Majalengka Perum Perhutani Majalengka.

Hadi Daryanto  sangat mengapresiasi usaha Perhutani dan LMDH dalam rangka meningkatkan fungsi dan manfaat sumber Daya Hutan khususnya pada hutan lindung, sehingga lokasi tetap dapat berfungsi sebagai hutan lindung namun dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Kawasan hutan di RPH Pancurendang  yang merupakan Hutan Pangkuan Desa dari LMDH Rimba Raya Lestari semuanya berfungsi kawasan hutan lindung termasuk petak 2a dan 2b, dimana orientasi manfaat masyarakat diajak berpikir untuk tidak berbasis lahan atau pengolahan lahan yang efektif namun diajak berpikir untuk menanam jenis agroforestry jenis mangga gincu, agar kawasan tetap terjaga sebagai fungsi lindung dan masyarakat dapat mengambil manfaat.

Tanaman mangga jenis Gincu yang sudah ditanam di Hutan Pangkuan Desa LMDH Rimba Raya Lestari kurang lebih 78 Ha sebanyak 15.810 Pohon ditanam mulai tahun 2006,2007,2009 dan 2011. yang sudah mulai berbuah dan menghasilkan sebanyak 2000 pohon (Kom-PHT/Mjl/Yayan H )

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015
 

Share: